SUMSEL

Percaya Organisasi UNIKDES Jadi Besar, Untung Sepriadi Cari Relawan Hingga Jual Hasil Lukisan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG —  Seorang Guru, Untung Supriyadi memiliki cita-cita yang sangat luar biasa seperti membangun sebuah wadah organisasi yang bergerak di kegiatan sosial dan pendidikan bernamakan UNIKDES sejak tahun 2015.

Berlatar belakang seorang pendidik, berharap UNIKDES menjadi cakrawala anak muda. Pada tahun 2015 UNIKDES berdiri  dengan ditandai kerjasama MOU bersama cintabaca.com yaitu bagian dari pos baca.

Berdampingan dengan rumah pribadi, UNIKDES berlokasi di Jalan Trisukses Rt. 41 / 12 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar 30153.

“Unikdes bekerjasama dengan cinta baca. Cinta baca membantu 200 buku eklempar dan  mempunyai program pos baca, tempat membaca buku, Unikdes menjadi wadah bagi anak-anak dan warga sekitar untuk membaca, belajar dan bermain,”kata Guru PKN di MAN3 Palembang.

Selama ini, dalam hal management dan pengelolaan dilakukan secara mandiri dengan optimalkan bantuan dari beberapa alumni juga murid SMA MAN 3 Palembang

“Menurut saya, mencari relawan diPalembang ini sangat sulit, saya sudah coba mencari di media sosial tetapi belum ketemu yang benar-benar ingin menjadi relawan, sehingga saya memanfaat orang sekitar saya yang punya keinginan bersosialisasi,”kata orang asli Jakarta saat bincang bersama wartawan Assajidin, Kamis(23/6/22).

Kegiatan yang dilakukan di dalam Unikdes seperti adanya pojok baca, belajar melukis, mewarnai, membaca dan bermain bersama warga sekitar daerah Unikdes. Sebelumnya memiliki program BBM (Belajar, Bermain, Mengajar) sempat berjalan hingga harus berhenti sementara dikarenakan Covid19.

“Saya bermimpi unikdes akan jadi besar, berawal mimpi yang memiliki langkah-langkah kecil,

Mungkin saya dan keluarga tidak dapat membesarkan Unikdes, tetapi bisa melalui orang lain. Saya selalu beri pesan kepada anak anak bahwa Unikdes harus tetap berjalan, entah apapun bentuknya,”Ujarnya.

BACA JUGA  Hari ini, Embarkasi Palembang Terima 2 Kloter

Di setiap pertemuan bersama anak didiknya, dirinya selalu menanamkan bahwa pentingnya suatu ‘Penghargaan dan Pengakuan’ didalam setiap kegiatan sehari-hari ataupun saat bersosialisasi, berkegiatan sosial dan pendidikan.

Berjalan lancarnya setiap kegiatan Unikdes tentunya tak luput dari pendanaan yang tersedia. Oleh sebab itu, dirinya yang menyukai karya seni lukis mengajak relawan pelukis untuk ikut membantu mengembangkan Unikdes.

“Saya ajak relawan pelukis untuk melukis namun tidak di tanda tangani oleh pelukis. Lalu saya beli hasil lukisannya kemudian saya jual kembali lukisan tersebut,”ujarnya juga sekaligus Guru Pembina Kewirausahaan Man 3 Palembang.

Relawan tak hanya melukis berbagai macam karya seni lukisan kontemporer, lukisan pemandangan dengan media kanvas atau kertas dari bahan cat minyak atau cat air. Bekerjasama dengan pelukis, ia menciptakan karya seni sensasional.

“Sejak SMP, saya menyukai motif-motif indah yang ada di batu. Hal itu menjadi ide kreatif menjadi karya seni sensasional. Seperti contoh satu lukisan dengan objek batu cincin yang di tuangkan di sebuah lukisan. Lalu sensasinya, hasil lukisan bisa di tanda tangani oleh pembeli yang seolah milik client,”katanya.

Setiap batu memiliki sertifikat sendiri, ia mengatakan memiliki 8 batu yang sudah di buat sertifikatnya.

Dari hasil lukisan ada beberapa yang telah laku terjual dengan nilai Jutaan Rupiah, dari hasil penjualan inilah menjadi modal untuk kegiatan Unikdes.

“Sekarang sisa ada sekitar 40 lukisan, Lukisan juga sudah ada yang di tanda tangani oleh Anis Baswedan dan Ahok.

Pengenalan hasil karya Unikdes seperti pameran bersama Dinas Pariwisata, Buka stand di mall OPI program kemitraan tahun 2017, suguhkan lukisan di kambang iwak dan pasar Cinde. Pameran bertujuan untuk memperkenalkan Unikdes kepada masyarakat.

BACA JUGA  Satuan Relawan Ganjarist Provinsi Sumsel Targetkan Ganjar Pranowo Menang Pilpres

Reporter : Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button