KULINER

Model Udang Mercon, Ide Baru Memasak di Rumah Untuk Keluarga

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Model udang mercon khas Palembang, bisa jadi salah satu pilihan baru menikmati makanan khas kota pempek ini. Selain bisa mencoba masak di rumah, inovasi sajian pun dapat dijadikan ide berjualan.

Darma Yunita, owner N3_Kitchen membagikan cara dan resep membuat model udang mercon. Selain itu, dia menjual model udang mercon sejak tahun 2020, inovasi makanan khas Palembang ini dijual Rp15.000 per porsi.

“Selama saya jualan, model udang mercon ini baru pertama di Palembang,” katanya.

Perbedaan model pada umumnya biasa berbahan ikan giling, sedangkan model udang mercon, bahan utama berasal dari udang giling asal Sungsang, daerah di Kabupaten Banyuasin.

“Mercon karena kuahnya pakai cabai burung segar dan ada bumbu rahasia ibu, turun menurun. Selain bahan utama udang, model diisi telur rebus, biasanya model diisi tahu,” katanya.

Selain ingin melahirkan cita rasa baru menikmati model, ide menjual model mercon juga melihat banyaknya udang segar di Sungsang yang jarang diolah untuk dikonsumsi.

Setahun lebih berjualan online lewat instagram @n3_three_kitchen, menu lain yang ditawarkan ada pempek udang dan menjual udang giling kiloan.

“Nama n3 diambil dari nama tiga anak saya, yang sama-sama diawali huruf N. Bagi yang mau membeli bisa order di instagram ongkirnya hanya Rp5 ribu, untuk udang giling per kg dijual Rp75 ribu dan pempek Rp2 ribu,” katanya.

Walaupun harga cabe sekarang sedang mahal, menu ini wajib dicoba untuk keluarga di rumah. Berikut resep model udang mercon, inovasi makanan khas Palembang:

Bahan adonan model:

500 gr udang giling

150 ml air

Garam

Penyedap rasa

BACA JUGA  Es Krim Soda, Cocok untuk Menu Buka Puasa, Ini Resepnya 

(Telor rebus untuk isi model)

 

Bahan kuah mercon:

Bawang putih

Bawang merah

Lada

Cabai

Kaldu udang

Garam

Penyedap rasa

Cara membuat:

  1. Halus kan udang
  2. Tambah air 150ml
  3. Aduk rata dan tambah garam, penyedap rasa dan lada sesuai selera. Kemudian aduk rata sampai mengental
  4. Tambahkan sagu sedikit demi sedikit, ulen hingga kalis lalu aduk kembali sampai merata
  5. Panaskan minyak diwajan dan goreng adonan sampai matang lalu tiriskan
  6. Masak kuah mercon, campurkan semua bahan dan tunggu hingga mendidih. Kemudian tabur cabai burung sesuai selera baru tuang adonan model dengan kuah mercon. Tambahkan toping daung bawang, daun sop, bawang goreng dan timun sesuai selera lalu sajian siap dihidangkan.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button