OPINIPENDIDIKAN

Prodi Ilmu Perpustakaan : Menuju Akreditasi Unggul

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang merupakan lembaga pendidikan yang memberikan pembelajaran kepada mahasiswa seputar perpustakaan, untuk melahirkan sarjana Ilmu Perpustakaan yang berkomitmen pada mutu, keahlian, dan keterampilan.Pada 09 Oktober 2014, Prodi Ilmu Perpustakaan telah diberi izin operasional, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia An. Sekretaris Jenderal, Nomor273A/P/2014.

Lulusan Prodi Ilmu Perpustakaan akan menempati profesi sebagai pustakawan dengan gelar sarjana (S.IP) yang ditempatkan disebuah perpustakaan. Untuk perpustakaan sendiri memilikki beberapa jenis diantaranya perpustakaan umum yang diperuntukan bagi masyarakat umum, kemudian perpustakaan universitas diperuntukan bagi mahasiswa dosen dan SDM lingkungan kampus, dan perpustakaan sekolah yang diperuntukkan bagi siswa dan para guru. Kalau kita telaah lebih jauh, dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya sebuah perpustakaan bagi sebuah institusi, yaitu sebagai tempat yang menyimpan buku, dokumen, dan arsip sebuah institusi, maka dari itulah perpustakaan disebut jantungnya sebuah institusi. Tanpa sebuah perpustakaan dan maka akan acak-adul sebuah institusi, disini pustakawan berperan sebagai pengelola koleksi-koleksi tersebut.

Prodi Ilmu Pepustakaan dibawah pimpinan Bapak Yanto M,Hum & sekretaris Misroni M, Humbersikukuh untuk meningkatkan akreditasi jurusan, pada saat ini Prodi Ilmu Perpustakaan meningkati akreditasi C (Cukup), dengan akreditasi tersebut tentunya bukan hasil yang memuaskan bagi lulusan Ilmu Perpustakaan, mengingat jurusan ini berada di sebuah universitas negeri terkemuka dengan akreditasi B (Baik) yaitu Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.Saya selaku mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan tentunya sangat mendukung dan antusias untuk ikut terlibat dalam usaha meningkatkan akreditasi tersebut. Kami para mahasiswa ikut membantu para dosen dan pimpinan untuk mengumpulkan hasil-hasil karya baik berupa tulisan, laporan, serta pencapaian para SDM dilingkungan Prodi Ilmu Perpustakaan. Seperti pepatah “usaha tidak akan menghianati hasil” disini saya percaya bahwa dengan semakin meningkatnya akreditasi kami, maka akan memudahkan kami dalam memasukki dunia kerja dan kami juga dapat bersaing dengan kampus serta prodi-prodi dari luar.

BACA JUGA  Stisipol Candradimuka Gelar Entrepreneurship Day 2022

Sedikit berbagi cerita, tentang alasan personal saya memilih jurusan ini, mengacu kepada UUD 19945, saya ingin berpartisipasi mendukung negara dalam tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan profesi pustakawan saya dapat membantu seluruh kalangan dengan memudahkan masyarakat dalam akses buku-buku guna meningkatkan pengetahuan. Setelah kurang lebih 6 tahun saya berstatus sebagai mahasiswa di Prodi Ilmu Perpustakaan, saya memahami betul teori-teori akan perpustakaan. Begitu juga untuk praktek saya dilepas langsung di sebuah perpustakaan untuk membantu perkembangan perpustakaan. Saya sendiri telah mendedikasikan diri untuk belajar lebih mendalam tentang sirkulasi perpustakaan di perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta pada september 2019. Dari tulisan ini saya berharap mampu memberikan edukasi serta pengenalan terhadap Program Studi Ilmu Perpustakaan, secara personal saya berharap dengan tulisan ini saya dapat meningkatkan kemampuan serta pengetahuan saya di dunia perpustakaan. Dan yang paling saya nanti-nanti, insya Allah saya akan di wisuda pada bulan september 2022, saya berharap semoga tuhan memberikan kelancaran untuk saya dan teman-teman yang menantikan moment besar ini, aamiin.

Penulis: Rici Saputra / Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button