PALEMBANG

Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Ampera Emas, Gelar Rakor Untuk Tingkatkan Kapasitas Sumberdaya Lembaga

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG —  Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) “AMPERA EMAS” Kota Palembang, menggelar rapat koordinasi pengurus. Rakor dilaksanakan tanggal 5 Juli 2022, bertempat di Aula Dinas PPPAPM Kota Palembang. Rakor ini digagas oleh Kabid. Perlindungan Perempuan yang merupakan kegiatan bidang tersebut.

Rapat koordinasi di hadiri oleh Kepala Dinas PPPAPM Kota Palembang Drs. M. Sadruddin Hadjar, M.Si. Kabid Perlindungan Perempuan Laily Maulidya, SSTP, M.Si. Ketua Puspa Kota Palembang  Dr. RR Rina Antasari, SH., M.Hum dan berbagai unsur yang tergabung dalam kepengurusan PUSPA AMPERA EMAS Kota Palembang.

Hadir juga, Dinas PPPAPM kota Palembang, TP PKK Kota Palembang DWP Kota Palembang, PSGA UIN Raden Fatah Palembang, IWAPI, IPEMI APJI,  Peradi, Forum Anak Kota Palembang dan lain-lain.

Rakor dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) kota Palembang, Drs. M. Sadruddin Hadjar, M.Si.  Dalam sambutannya, Sadruddin mengatakan PUSPA adalah PROGRAM UNGGULAN dari Kementrian PPPA yang merupakan penjabaran dari program Three Ends Kementrian PPPA, berbentuk Forum Partisipasi Publik yang menjadi wadah untuk menggalang dukungan lembaga masyarakat untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait perempuan dan anak juga untuk mewujudkan kesejahteraan perempuan dan anak Indonesia. Melalui rakor ini diharapkan PUSPA AMPERA EMAS dapat menghasilkan gagasan-gagasan inovatif berkenaan dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan berkonrtribusi secara nyata dengan melaksanakan berbagai program yang mungkin sempat tertunda karena pandemi.

Sambutan selanjutnya disampaikan Ketua PUSPA AMPERA EMAS Kota Palembang Dr. Rina Antasari, SH, M.Hum. Beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran para pengurus dan melaksanakan rapat koordinasi secara langsung/offline. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa program kegiatan PUSPA sempat stagnan karena pandemi, dan sekarang keadaan sudah mulai normal dan sangat memungkinkan untuk melaksanakan berbagai program secara langsung. Dalam paparannya beliau mengajukan program unggulan PUSPA AMPERA EMAS yakni “ KELUARGA TANGGUH”. Program ini dapat di Breakdown menjadi program-program yang lebih spesifik misalnya ketangguhan aspek spiritual, psikologis, sosial dan ekonomi, tergantung hasil pemetaan kondisi masyarakat yang akan menjadi target kegiatan.

BACA JUGA  Museum Negeri Balaputra Dewa Dapat Tambahan Koleksi Mangkuk Keramik dan Dua Dayung Peninggalan Zaman Kerajaan Sriwijaya

Kegiatan Rakor selanjutnya adalah Focus Group Discussion (FGD), yang dipimpin oleh Sekertaris PUSPA Manah Rasmanah, M.Si. dalam FGD tersebut dibahas tentang pelaksanaan program “KELUARGA TANGGUH”  yakni tahapan pelaksanaan program yang dimulai dari pemetaan isu, pemetaan sasaran, target waktu  pelaksanaan, identifikasi pihak-pihak terlibat dan lain-lain. ( rilis).

Editor : Sgw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button