SUMSEL

Gubernur Minta OPD Kembali Gencarkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di ruang lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) untuk kembali Menggencarkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP). Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat diwawancarai di Griya Agung Palembang, Selasa (12/07/2022).

Deru mengatakan, dirinya mengajak seluruh OPD untuk kembali Menggencarkan Gerakan SMP ke seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Sumsel. “Ya, mari kita gencarkan kembali gerakan SMP ini,” katanya.

Lanjutnya, tak hanya untuk OPD yang ada di ruang lingkup Pemprov Sumsel saja melainkan juga OPD yang ada di ruang lingkup Kabupaten/kota. “Baik itu pemerintah daerah bupati dan walikota yang ada di Provinsi Sumsel ikut membantu menyegerakan dan menggencarkan kepada masyarakat gerakan SMP ini,” ujar Deru.

Deru menjelaskan, program ini diharapkan tidak kalah dengan daerah lain dan dapat dicontoh bagi provinsi lain di Indonesia. Dengan adanya program SMP ini, masyarakat akan mudah untuk merubah mindset dari konsumtif jadi produktif. “Kita ingin Sumsel menjadi contoh bagi daerah lain,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, Dalam rangka mensukseskan SMP di Sumsel, dirinya mengajak masyarakat untuk bisa mengelola semua jenis tumbuhan yang dapat menghasilkan. Hal ini juga bertujuan agar dapat merubah mindset dari konsumtif menjadi produktif. “Program ini kita harapkan menjadi kesinambungan dalam komoditas pangan,” ungkap Deru.

Deru menambahkan, jangan lali di zona nyaman. Maka perlu gerakan Sumsel mandiri pangan untuk antisipasi atau preventif. Karena masih ada saja gejolak harga di momen tertentu seperti saat Lebaran. “Gerakan SMP ini sesuatu gerakan sederhana untuk merubah mindset, yang tadinya berpikir membeli kenapa tidak produksi sendiri saja seperti, bawang merah, cung dan yang lainnya,” katanya.

BACA JUGA  Inilah Pusat Studi Kebijakan Publik dan Politik Sumatera Selatan 

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button