INFO HAJI 2023

Meski Sudah Nafar Awal, Petugas Tetap Siaga Layanan Mabit Mina hingga 13 Zulhijah

MAKLUMATNEWS.com – Sebagaimana  diketahui saat ini sebagian jemaah haji Indonesia sudah ke Makkah karena mereka yang mengambil pilihan nafar awal, menginap di Mina hingga hari ini, 11 Juli 2022. Namun masih banyak juga jemaah yang mabit di Mina hingga 13 Zulhijjah mengambil nafar tsani.

“Sementara jemaah yang mengambil nafar tsani masih akan mabit di Mina sampai tanggal 13 Zulhijjah,” sambung Wawan Wawan Djunaedi saat Konferensi Pers di Media Center Haji, diasrama Haji Pondok Gede,  Senin, 11 Juli 2022.

Jemaah yang mengambil nafar awal, usai melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah, ada yang langsung kembali ke hotel, terutama yang tinggal di kawasan dekat jamarat, seperti Raudhah dan Syisah.

Bagi yang masih mabit (bermalam) di Mina hingga 13 Zulhijjah , selama di Mina, selain menginap, jemaah melaksanakan lontar jumrah, ula, wustha, dan aqabah.

“Mina termasuk fase padat dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Saya minta seluruh petugas untuk siaga di pos masing-masing demi melayani jemaah,” tegas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, di Mina, Sabtu, 9 Juli 2022.

“Fase ini akan berlangsung hingga 13 Zulhijah. Sehingga petugas harus tetap konsentrasi dan siaga membantu jemaah,” sambungnya.

Kesiagaan petugas, kata Hilman, sangat penting. Sebab, tidak jarang jemaah pada fase ini kelelahan saat perjalanan ke jamarat. Selain itu, ada saja jemaah yang membutuhkan bimbingan saat lontar jumrah.

“Jadi kesiagaan mengawal  yang sakit dan kelelahan di jalan perlu diperkuat,” pesan Hilman.

“Kursi roda juga harus disiagakan di pertengahan  jalur jalan kaki, jalur ke arah jamarat, khususnya sebelum dan sesudah terowongan,” tandasnya.

Hilman menambahkan, proses penempatan petugas di pos-pos strategis akan dilakukan secara terpola dengan rasio yang proporsional. Dengan begitu, penempatan petugas lebih merata.(*)

BACA JUGA  Keakraban Dua Capres Ganjar dan Anies di Tanah Suci

Editor : Aspani Yasland

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button