PALEMBANG

Tidak Memiliki Tempat Pembuangan Sampah, Masyarakat Sukajaya Buang Sampah Sembarangan

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami tidak miliki Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara. Sehingga masyarakat membuang sampah secara sembarangan.

Lurah Sukajaya Abu Huzaifah mengatakan, di Kelurahan ini tidak ada TPS Sementara. Ada juga TPS yang terletak di perbatasan Kelurahan ini. “Untuk di Kelurahan ini sama sekali tidak memiliki TPS sementara,” ujarnya saat diwawancarai dikantornya, Rabu (13/7/2022).

Abu menuturkan, tidak adanya TPS Sementara ini karena tidak ada masyarakat yang mau menghibahkan tanahnya untuk dibuatkan TPS Sementara.

“Pernah ada di sini dibuatkan TPS sampah tapi masyarakat protes sehingga TPS Sementara yang ada ditutup. Bahkan di Kelurahan Suka Bangun juga tidak ada TPS Sementara sehingga banyak masyarakat membuang sampah di perbatasan Kelurahan lain,” katanya.

Oleh sebab itu, sambung Abu, untuk mengatasi masalah sampah di Kelurahan ini, diberdayakan pengambilan sampah secara mandiri oleh petugas sampah yang di koordinir oleh perangkat RT setempat. Untuk bantuan dari pemerintah Kota Palembang sendiri di pegang oleh Ketua Lembaga Perberdaya Masyarakat Kelurahan (LPMK) Sukajaya.

“Bantuan dari Pemkot sendiri sudah diberikan pada 2015 lalu. Tapi sekarang bantuan tersebut sudah rusak. Ada juga bantuan dari pihak kementerian lingkungan hidup berupa bentor,” bebernya.

“ Ketua forum RT yang menerima bantuan dari Kementerian. Satu Kelurahan hanya satu bentor saja, diserahkan kepada Forum RT,” tambah Abu.

Lebih lanjut Abu mengungkpkan, untuk sampah yang sering muncul di TPS liar diambil oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota (DLHK) Palembang. Para petugas DLHK rutin melakukan pengambilan sampah di beberapa titik liar. Seperti di depan balai diklat kemeterian keuangan di jalan Suka Bangun Dua.

BACA JUGA  PGRI Palembang Berharap Jam Pelajaran Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti ditambah

“Kami imbau kepada masyarakat untuk ikut serta di dalam pengambilan sampah yang dilakukan secara mandiri. Sedangkan untuk masyarakat yang membuang sampah di TPS liar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi,” tandasnya.

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button