KRIMINALITAS

Agen BRILink Larikan Uang Nasabah Hingga 2,6 Miliar

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumsel mengamankan kedua tersangka penggelapan uang nasabah salah satu perbankkan yang ada di Kota Palembang.

Pelaku bernama Marsudi dan Ruslan warga Desa Mekar Sari dusun 3 Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Karang Agung Ilir Banyuasin.

Dirut Ditreskrimsus Kombes Pol Barli Ramadhani, saat melakukan ungkap kasus, Selasa (18/7) pelaku merupakan agen dari BRILink  yang ditangkap karena telah menyelewengkan uang 42 orang nasabahnya.

“Mereka menfasilitasi masyarakat yang mengajukan kredit usaha pedesaan di tiga unit yaitu Unit Polygon,  Unit Maskrebet,  dan Unit Dwikora”, ungkapnya.

Alhasil total  uang kredit usaha pedesaan dan kredit mikro yang diambil oleh kedua pelaku berjumlah 2,6 miliar.

“Masyarakat yang membayar kredit kepada mereka tenyata tidak diberikan tanda bukti, dan pelaku tidak menyetorkan kepada pihak BRI dan uang tersebut digunakan untuk kepentingan mereka sendiri”, ungkapnya lagi.

Dari penangkapan itu juga pihak kepolisian Krimsus mengamankan  barang bukti berupa 42 dokumen Perjanjian Kredit Usaha Perdesaan, SOP BRI Link, Surat Perijinan Kerjasama antara bang BRI dengan para pelaku.

Pelaku dikenakan pasal 50 UUD nomor 10 tahun 1998 tentang perbankan,  347 KUHP sub subsider 372 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 8 tahun serta denda hingga seratus Miliar Rupiah.

Dirut Ditreskrimsus mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan teliti saat mengajukan atau hendak membayar modal usaha kepada para agen perbankan.

“Kita ingatkan kepada masyarakat untuk selalu meminta struk pembayaran saat setelah melakukan pembayaran uang iuran”, tutupnya

Di lain pihak pelaku mengakui perbuatannya dan uang setoran tersebut mereka gunakan untuk kepentingan pribadi.

“Jumlah Tenor yang biasa kami dapatkan dari nasabah ada yang 4 bulan hingga 1 tahun. Uang tersebut kami gunakan untuk kepentingan pribadi kami”, ungkapnya.

BACA JUGA  BNNP  Sumsel Musnahkan 47ribu Pil Ekstasi, 10,624 gram Sabu dan Seribu Batang Ganja

Reporter : Yola Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button