FLASH NEWS

FLASH NEWS : Herman Deru Lestarikan Tradisi “Bekarang”

MAKLUMATNEWS.com — “Bekarang” merupakan tradisi masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) yang maksudnya adalah menangkap ikan bersama dengan menggunakan alat sederhana seperti jala, tangkul, maupun menggunakan tangan kosong. Ini kearifan lokal atau  tradisi turun menurun nenek moyang Sumsel dalam menangkap ikan sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup perairan ikan. Bekarang juga dikenal masyarakat Kecamatan Pseksu Kabupaten Lahat yang dilakukan setiap tahun.

Setiap kunjungan kerja ke berbagai daerah, Gubernur Herman Deru selalu menyempatkan diri untuk bersilaturahmi langsung dengan warga sekitar. Ketika berkunjung ke Kabupaten Lahat misalnya, Herman Deru bersama masyarakat, tentu juga Bupati Lahat, langsung mengambil Jala (jaring ikan) untuk sama-sama Bekarang  bersama Warga Tanjung Raya,  Kecamatan Pseksu,Lahat, Rabu 20 Juli 2022.

“Inilah salah satu cara kita menjaga kearifan lokal. Bekarang ini diadakan tahunan oleh masyarakat. Selain itu, ini untuk mempererat keakraban dan silahturahmi antar masyarakat,” kata Herman Deru.[]Aspani Yasland 

BACA JUGA  BERITA FOTO : Beras Kita Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button