FLASH NEWS

FLASH NEWS : Khotbah Jumat Berbahasa Arab di Masjid Al Fatah Palembang

MAKLUMATNEWS.com — Ada yang berbeda di Masjid Al Fatah yang berlokasi  Jalan Taman Kenten No.48, Kelurahan  8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), kalau di masjid lain,  umumnya para khotib (penghotbah) sholat jumat selalu menggunakan bahasa Indonesia dalam menyampaikan isi khotbahnya kepada jamaah, namun di masjid yang megah ini, khotib-nya berkhotbah memakai bahasa arab di dua khotbahnya,  seperti pada Sholat Jumat 22 Juli 2022 ini dengan khotib Ustadz Semoga Jaya.  Menurut jamaah setempat,  masjid yang dikelilingi gedung sekolah ini, memang sudah lama materi khotbah jumatnya menggunakan bahasa Arab, bukan bahasa Indonesia.

Setelah sholat jumat disambung dengan ceramah agama selama 15 menit memakai bahasa Indonesia.

 

Kemudian selain bahasa Arab, Masjid Al Fatah ini juga memiliki keunikan lain yakni ketika lepas sholat jumat, para jamaah mengeluarkan sedekah atau infaq uang dengan melemparkan uang ke arah mimbar tengah masjid dengan ikhlas.

Masjid Al Fatah yang megah di kawasan Taman Kenten Palembang. Foto: Aspani Yasland

 

Sementara itu, infaq ini didahului sang khotib sebelum dirinya menyampaikan tausiyah 15 menit kepada jamaah dengan bahasa Indonesia. Jadi ada ceramah singkat usai yang disampaikan sang khotib jumat tadi, sementara para jamaah terlihat tekun menyimaknya dan bila ada yang ingin meninggalkan ruangan, permisi sembari menunjukan telunjuk tangan ke arah khotib yang tengah berceramah sebagai isyarat izin keluar. []Aspani Yasland   

BACA JUGA  Dinilai Berinovasi, Pemkot Palembang Terima Penghargaan dari Mendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button