SEHAT

Pisang, Alpukat, dan Salmon Dapat Menetralisir Garam Berlebih

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG – Terlalu banyak memakan asupan garam atau sodium berlebih dapat memicu terjadinya hipertensi, yang kemudian bisa meningkatkan risiko serangan jantung hingga strok. Menurut studi terbaru, ada tiga macam makanan yang memiliki kemampuan untuk menangkal efek negatif tersebut.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal European Society of Cardiology ini mengungkapkan bahwa ketiga makanan tersebut adalah pisang, alpukat, dan salmon. Konsumsi ketiga jenis makanan ini tampak bisa menurunkan dampak negatif dari garam terhadap kesehatan.

“Anjuran kesehatan telah berfokus pada pembatasan asupan garam, tetapi ini sulit untuk dicapai ketika pola makan kita mencakup makanan olahan,” jelas peneliti Profesor Liffert Vogt dari Amsterdam University Medical Centres, seperti dilansir Express, Senin (25/7/2022).

Studi ini melibatkan lebih dari 24 ribu pasien dengan rerata usia 59 tahun. Para partisipan ini diminta untuk mengisi kuesioner yang dapat mengukur kebiasaan gaya hidup mereka.

Pengukuran tekanan darah dan pengambilan sampel darah dilakukan setelah para partisipan mengisi kuesioner. Pengambilan sampel darah tersebut bertujuan untuk mengukur asupan sodium dan kalium dalam keseharian para partisipan.

Para partisipan kemudian dibagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan asupan sodium dan kalium mereka. Hasil studi mengungkapkan bahwa asupan kalium tampak mempengaruhi tekanan darah.

Asupan kalium yang tinggi cenderung diikuti dengan penurunan tekanan darah. Setiap peningkatan asupan kalium sebanyak 1 gram per hari tampak berkaitan dengan penurunan tekanan darah sistolik sebesar 2,4 mmHg.

“Kalium membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak sodium di urine,” kata Vogt.

Sejauh ini, tim peneliti hanya menemukan manfaat konsumsi kalium terhadap penurunan tekanan darah pada wanita. Tim peneliti belum menemukan adanya bukti adanya pengaruh konsumsi kalium terhadap penurunan tekanan darah pada pria.

BACA JUGA  Dinkes Gelar Operasi Semut Peringati Hari AIDS Sedunia

“Hasil (studi ini) mengindikasikan bahwa kalium membantu menjaga kesehatan jantung, tetapi wanita mendapatkan manfaat lebih dibandingkan pria,” jelas Vogt.

Tim peneliti juga menemukan bahwa asupan kalium tampak menurunkan risiko kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung dan strok. Hal ini menunjukkan bahwa kalium memiliki cara lain dalam melindungi jantung, selain meningkatkan pembuangan sodium.

“Temuan kami mengindikasikan bahwa pola makan yang sehat bagi jantung mencakup membatasi garam hingga meningkatkan asupan kalium,” ungkap tim peneliti.

Editor : Sgw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button