LIFESTYLE

Waktu yang Tepat Melakukan USG pada Kehamilan

Maklumatnews.com– Mungkin sering jadi pertanyaan bagi pasangan yang baru menikah terkait kapan dan berapa kali harus melakukan USG pada ibu hamil.

ultrasonography atau yang sering disebut USG selain bisa mengetahui jenis kelamin janin, USG banyak memiliki manfaat lainnya

Pemeriksaan USG kehamilan adalah tes menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memperoleh gambaran kondisi janin, plasenta, serta organ reproduksi ibu hamil.

Terdapat dua jenis pemeriksaan USG yang dilakukan pada ibu hamil, yakni USG transvaginal dan USG perut (abdomen). USG transvaginal umumnya dilakukan pada awal masa kehamilan, sedangkan USG perut dilakukan saat usia kehamilan lebih tua.

Pemeriksaan USG pada masa kehamilan sangatlah penting bagi kesehatan ibu dan janin. Bukan saja untuk mengetahui berat badan dan jenis kelamin janin, pemeriksaan ini juga memperlihatkan perkembangan janin dan mendeteksi risiko masalah kesehatan baik pada ibu maupun janin.

Setiap ibu hamil dianjurkan untuk melakukan USG paling sedikit 2-3 kali selama kehamilan. Pemeriksaan dilakukan pada trimester pertama, kedua, dan ketiga untuk mengamati indikator perkembangan janin yang berbeda-beda.

Kapan ibu hamil mulai melakukan pemeriksaan USG kehamilan?
Setelah Anda tahu berapa kali idealnya Anda harus melakukan USG, sekarang pahami waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan ini.

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan USG sebenarnya adalah kapan saja. Pasalnya, pemeriksaan pada setiap usia kehamilan memiliki kegunaan yang berbeda. Berikut adalah perbedaannya:

1. Trimester pertama (minggu 1-12)
Pemeriksaan USG pada awal trimester pertama biasanya dilakukan dengan metode transvaginal. Tujuannya adalah sebagai berikut:

Memastikan kehamilan
Mengetahui denyut jantung janin
Mendeteksi kehamilan kembar
Mendeteksi pertumbuhan abnormal pada janin
Menentukan apakah kehamilan terjadi di dalam atau di luar rahim
Mendeteksi risiko kehamilan prematur dan keguguran
Melakukan penapisan trimester pertama (first trimester screening)

BACA JUGA  Doa Malam Pertama Sebelum Jima' Bagi Pengantin Baru

2. Trimester kedua (minggu 12-27)
Pemeriksaan USG pada masa trimester kedua kehamilan dapat dilakukan dengan metode USG perut. Manfaat utamanya adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai perkembangan janin dengan indikator sebagai berikut:

Mengetahui kelengkapan organ vital seperti jantung, paru-paru, dan struktur otak Mengetahui jenis kelamin janin
Memastikan apabila kehamilan kembar
Memantau jumlah cairan ketuban
Mendeteksi masalah pada plasenta
Mengetahui aliran darah tubuh janin
3. Trimester ketiga (minggu 24-40)
Pemeriksaan USG pada trimester ketiga kehamilan berfokus pada pertumbuhan janin dan kesiapan menuju persalinan.

Manfaat pemeriksaan ini antara lain:K
Mengetahui posisi janin dalam rahim (normal, miring, atau sungsang)
Mendeteksi fungsi plasenta menjelang persalinan

Mendeteksi kecacatan pada janin
Memprediksi hari kelahiran
Mengetahui apakah janin masih ‘betah’ berada dalam rahim atau sudah harus segera dilahirkan Setiap ibu hamil perlu menjalani pemeriksaan USG, tapi pastikan Anda melakukannya dalam waktu yang tepat. Jika Anda ingin mengetahui jenis kelamin janin, pemeriksaan pada trimester awal tentu tidak bisa menjawab hal ini dengan pasti.

Anda perlu menunggu hingga organ reproduksi janin bisa dilihat dengan jelas, yakni pada trimester kedua. Apabila dilakukan dalam waktu yang sesuai, manfaat pemeriksaan USG bagi kesehatan Anda dan janin akan terasa lebih optimal

 

Sumber: halosehat.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button