LIFESTYLE

Efek Buruk Sering Matikan Motor Pakai Standar Samping

MaklumatNews.com-perkembangan teknologi yang tertanam pada sepeda motor dari tahun-ketahun terus mengalami perkembangan.

Salah satunya perkembangan pada motor matic, pada motor matic sendiri ada fitur yang Namanya ‘Side Stand Switch’. Side Stand Switch memiliki fungsi  mematikan mesin secara otomatis ketika standar samping diturunkan.

Mengutip laman Wahana Honda, Pada bagian pangkal standar, dihubungkan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis. Saat standar samping digunakan, mesin motor tidak akan bisa dinyalakan sehingga potensi kecelakaan karena tuas gas terputar.

Mengenai fitur diatas pengunaan kendaraan terkadang sering mematikan motor lewat standar samping sementara kunci kontak masih dalam posisi “ON”, Kebiasaan tersebut sebaiknya jangan sering dilakukan pasalnya bisa memicu aki jadi cepat soak

“Pada dasarnya tidak masalah, namun ada potensi hal ini membuat aki soak. Jadi saat standar samping diturunkan, kunci kontak harus segera di posisikan ke off,” tulis Wahana Honda.

Wahana lebih lanjut menjelaskan, ketika standar samping diturunkan mesin memang mati namun fungsi kelistrikan masih bekerja. Bisa diperhatikan lampu LED dan panel instrumen motor masih menyala.

Kalau kebiasaan ini terus-menerus dilakukan, aki jadi cepat tekor. Apalagi pada motor yang lampunya belum LED, membutuhkan arus listrik yang lebih besar.

Pun demikian dengan para pengguna motor sport, bila kamu mematikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di stang motor sport dan kunci kontaknya tidak di off, pasti aki akan lebih cepat soak. Untuk menghindari hal itu, pastikan kunci kontak kamu sudah di posisi ‘Off’ ya supaya aki bisa bekerja lebih optimal sesuai masa pakainya

Sumber : detik.com

BACA JUGA  Cara Memperbanyak Air Ketuban yang Perlu Diketahui Bumil

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button