INTERNASIONAL

Jokowi Tiba di China, Akan Ketemu Xi Jinping

Jokowi disambut Wakil Menteri Luar Negeri China Wu Jiang Hao, Duta Besar LBBP RI Beijing Djauhari Oratmangun

Maklumatnews.com, China – Jokowi bersama dengan Iriana Widodo beserta rombongan akhirnya tiba di Beijing International Airport, Beijing, China pada Senin (25/7) pukul 21.37 waktu setempat setelah menempuh penerbangan sekitar 6 jam dan 40 menit.

Jokowi disambut Wakil Menteri Luar Negeri China Wu Jiang Hao, Duta Besar LBBP RI Beijing Djauhari Oratmangun, dan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Beijing Marsma Bayu Hendra Permana.

Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan yang telah disediakan, Jokowi menginap ke Diaoyutai State Guesthouse. Saat tiba di Diaoyutai State Guesthouse, Jokowi disambut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Usai menginap, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri China Li Keqiang dan Presiden China Xi Jinping esok hari.

Kunjungan Jokowi ke China merupakan bagian dari lawatan kenegaraan ke tiga negara Asia Timur. Setelah ke China, Jokowi dan rombongan akan mengunjungi Jepang dan Korea Selatan pada pekan ini.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, sebelumnya dalam konferensi virtual pekan lalu menyatakan agenda utama kunjungan Jokowi ke tiga negara di Asia Timur itu. Retno menyampaikan misi kunjungan tersebut akan fokus pada penguatan kerja sama ekonomi, terutama di bidang investasi dan perdagangan.

“Saya ingin mengambil satu isu, yaitu menyampaikan rencana kunjungan Presiden RI [Jokowi] ke tiga negara Asia Timur, yaitu RRT [Republik Rakyat Tiongkok], Jepang, dan Korea Selatan,” ujar Retno, Kamis (21/7).
Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang dan Presiden China Xi Jinping esok hari.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Beijing, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

BACA JUGA  Tindak Lanjut dari Perobekan Alquran, Turki Panggil Dubes Belanda 

Sumber: SNBCIndonesia dan CNNIndonesia

Editor: Bangun Lubis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button