NASIONAL

Aotopsi Jenazah Brigadir J Digelar Hari Ini, Polri Libatkan TNI dan Himpunan Dokter Forensik Indonesia

MAKLUMATNEWS.com, Jakarta–  Autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat digelar di Jambi, Rabu (27/7/2022) atas permintaan pihak keluarga. Proses ekshumasi atau penggalian ulang dilakukan oleh tim gabungan dengan melibatkan tim forensik Polri, bersama dokter forensik dari berbagai instansi, seperti TNI, RSCM, hingga rumah sakit swasta yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia.

Sebelumnya, pihak keluarga mengajukan permohonan agar autopsi ulang ini dilakukan karena melihat kondisi jenazah yang janggal pasca penembakan yang terjadi di rumah Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

Tim khusus (Timsus) bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, proses penggalian kubur dimulai sejak pagi untuk kemudian jenazah Brigadir Yosua bakal dibawa ke RSUD Sungai Bahar, Jambi, untuk dilakukan autopsi ulang.

“(Dimulai) pukul 07.30 WIB. (Diautopsi) di RSUD. Dalam proses ekshumasi tersebut bakal melibatkan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia, para pakar forensik, hingga pengacara. Komnas HAM juga akan hadir, ” ujar Dedi seperti dilansir dari kumparan.com

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebelumnya memastikan ada anggotanya yang ikut dalam autopsi ulang Brigadir Yosua. Dokter yang bergabung, yakni dokter F dari RSPAD Gatot Soebroto.

“ Dokter F dipilih oleh Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia bukan dari TNI yang menunjuknya. Dengan begitu, independensi TNI dalam kasus ini sangat jelas,” katanya.

 

BACA JUGA  Dinilai Menista Agama, Influencer Lina Mukherjee Dilaporkan Ustadz Asal Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button