OGAN ILIRSEHAT

Kunker ke OI, Menkes : Posyandu dan Puskesmas Garda Terdepan Layani Masyarakat

MAKLUMATNEWS.com, Ogan Ilir– Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Ogan Olir (OI) Sumatera Selatan (Sumsel) Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa Posyandu dan Puskesmas sebagai garda terdepan melayani kesehatan masyarakat.

Hal tersebut disampaikanya, saat memastikan pemberian layanan kesehatan prima di Posyandu Desa Tanjung Gelam dan Puskesmas Indralaya sebagai sembilan pilot project di Indonesia.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan program revitalisasi Posyandu.

” Supaya fokus program kesehatan itu ke depannya lebih banyak menjaga orang agar tetap sehat, bukan mengobati orang yang sakit,” katanya, Rabu (27/7/2022).

Menurut Menkes Budi, dengan masyarakat tetap sehat maka biaya hidup lebih murah dan kualitas hidup masyarakat juga lebih bagus. Dipilihnya Posyandu Desa Tanjung Gelam dan Puskesmas Indralaya, kata Menkes Budi, dikarenakan posisinya berada di kota.

“Saya sangat senang sekali, karena disini Pak Bupatinya support. Kemudian, Kepala Desanya juga Kader Posyandu juga semangat semua,” lanjut dia.

Disinggung mengenai kunkernya ke OI, Menkes Budi mengatakan jika target dari tujuannya yakni, ingin mengembangkan kembali Posyandu yang selama ini sempat mati suri. Padahal, Posyandu ini adalah garda terdepan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat ditingkat paling bawah.

“Dulu kan Posyandu itu lebih ke ibu hamil dan bayi, sekarang kan lebih masuk ke semua umur. Kami berharap posyandu bisa melayani semuanya, ” urainya.

Reporter : Henny Primasari
Editor : Jemmy Saputera

BACA JUGA  Semakin Kompleks, Anak-Anak Jadi Target Marketing Industri Rokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button