WANITA

Tumit Kaki Pecah-pecah Bikin Gak PD ? Ini 5 Cara Mengatasinya

MAKLUMATNEWS.com – Pecah-pecah pada area tumit kaki adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang yang membuat menjadi tidak percaya diri. Parahnya lagi, jika pecah-pecah atau retakan tersebut menjadi terlalu dalam, terkadang akan menimbulkan rasa sakit ketika berdiri atau berjalan. Membuat tidak percaya diri apalagi khususnya wanita yang sehari-hari tidak terlepas dalam memakai sepatu atau sandal untuk menunjang penampilan setiap hari.

Penyebab tumit kaki yang pecah-pecah disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena kebiasaan, pekerjaan atau aktivitas, sampai penyakit tertentu. Diantaranya , sering berdiri terlalu lama, sering berjalan tanpa alas kaki, menggunakan sepatu yang tidak pas, mandi terlalu lama atau menggunakan sabun yang bahannya bersifat iritatif, penyakit kulit, seperti psoriasis, dermatitis atopik, dan Infeksi Jamur, serta obesitas. Orang yang berusia lanjut, merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, juga lebih berisiko mengalami masalah kulit ini.

Mengutip dari Alodokter.com, berikut 5 cara mengatasi tumit kaki yang pecah. Yuk simak!

1. Minum air yang cukup

Minum banyak air akan membuat kulit kamu lembap, sehingga kulit yang ada pada tumit kaki pecah-pecah dapat pulih secara perlahan dengan minimal 2 liter sehari.

2. Gunakan sabun yang lembut

Untuk menjaga kondisi tumit kaki yang rusak cepat membaik, sangat penting untuk menjaga bagian kaki yang pecah-pecah tetap bersih. Hati-hati pada penggunaan sabun yang berbahan kimia keras atau bersifat iritatif justru dapat membuat kulit kamu terlalu kering.

3. Hindari mandi dengan air panas

Apabila kamu ingin mandi, usahakan untuk tidak menggunakan air panas, ya. Karena mandi dengan air panas dapat membuat kulit cepat kering dan rusak, sehingga tumit kaki yang pecah-pecah sulit membaik.

BACA JUGA  Gubernur Herman Deru Konsisten Dorong Percepatan Ekonomi Syariah Sumsel

4. Oleskan pelembap secara rutin

Tumit Kaki yang kulitnya pecah-pecah perlu rutin diolesi pelembab. Salah satu jenis pelembap yang baik digunakan untuk kaki pecah-pecah adalah Petroleum jelly. Bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Caranya, oleskan pelembap pada kulit tumit kaki yang bermasalah, lalu kenakan kaus kaki yang nyaman agar pelembap dapat terserap lebih baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggosok tumit kaki yang pecah

Batu apung menjadi salah satu yang bisa digunakan untuk menangani kulit tumit pecah-pecah. Batu ini cukup ampuh mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya cukup mudah, rendam kaki yang pecah-pecah dalam air selama 5 menit atau sampai kulit terasa lembut. Kemudian, basahi batu apung dengan air hangat, lalu gosokkan secara perlahan pada area kaki pecah-pecah. Lakukan perawatan ini selama 2–3 menit. Setelah selesai, oleskan pada kulit tumit kaki yang bermasalah dengan pelembap. Selain dengan batu apung, kaki juga bisa digosok menggunakan sikat kaki atau scrub khusus kaki.

Kamu juga bisa mengoleskan madu, minyak kelapa, minyak zaitun, atau lidah buaya pada kaki. Bahan-bahan alami tersebut memiliki kandungan aktif yang dapat mengurangi peradangan dan membantu melembapkan kulit.

Setelah membaik, rawat dengan baik kulit tumit kaki agar tidak pecah-pecah. Apabila tumit kaki masih saja pecah-pecah meski sudah melakukan beberapa cara di atas, maka kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button