WANITA

7 Tanda Ini Akan Muncul Saat Hormon Estrogen Berlebihan

MAKLUMATNEWS.com – Hormon Estrogen adalah hormon wanita utama yang bertanggung jawab dalam pengembangan dan pengaturan sistem reproduksi serta karakteristik gender seperti, pertumbuhan payudara, rambut ketiak dan siklus menstruasi. Hormon ini ada di pria hanya saja lebih sedikit disbanding wanita. Tetapi bagi wanita, Ini menjadi sangat penting untuk mengontrol serta menjaga pada tingkat normal karena estrogen yang berlebihan bisa pada akhirnya menyebabkan kanker.

Selain itu menstruasi dan kehamilan, gaya hidup yang tidak sehat seperti banyak minum alkohol ataupun stress berlebih bisa membuat kadar estrogen dalam tubuhmu naik. Apa saja tandanya ? Yuk kita bahas.

1. Bengkak dan nyeri di area payudara

Kebanyakkan wanita merasakan perubahan pada payudaranya selama siklus menstruasi terjadi dan selama kehamilan karena sangat sensitif terhadap hormon. Jika kamu merasakan sakit atau nyeri di payudara atau membengkak lebih dari biasanya, bisa jadi estrogen sedang naik.

2. Mood yang berubah-ubah (Mood swings)

Hormon Estrogen sangat mempengaruhi kondisi mental dan emosimu. Perasaan tersebut akan mengingatkanmu kepada gejala Premenstrual Syndrome (PMS). Kamu mungkin akan merasa tertekan atau cemas bahkan menangis tanpa sebab.

3. Rambut yang rontok berlebihan

Jika kamu memiliki kemungkinan rambut yang rontok jauh lebih banyak dari biasanya, bisa jadi estrogen kamu naik. Yang bisa jadi membuat kamu stress. Tetapi kamu harus ingat bahwa jumlah rambut yang rontok tergantung pada gaya hidupmu sehari-hari juga ya.

4. Berat badan meningkat

Jika kamu menyadari bahwa area pinggulmu semakin besar padahal setiap hari kamu makan dalam porsi biasa, bisa jadi kamu mengalami kelebihan estrogen. Kamu juga bisa merasa kembung tanpa alasan.

BACA JUGA  Wanita yang Dirindukan Surga

5. Menstruasi tidak teratur

Salah satu tanda sehat bagi wanita adalah menstruasi. Jadwal menstruasi yang biasanya normal namun tiba-tiba menjadi tidak normal harus diwaspadai. Periode menstruasi yang diatur oleh kadar hormon dalam tubuh jika tidak seimbang maka seluruh periode menstruasi bisa jadi berantakan.

6. Sulit tidur

Memiliki masalah tidur pada wanita bisa jadi kamu mengalami hormon Estrogen berlebih. Kamu bisa merasa tidak bisa tidur, atau sebaliknya, kamu bisa merasa mengantuk sepanjang waktu. Selalu perhatikan kebiasaan tidurmu yang berubah tiba-tiba tanpa alasan yang kuat.

7. Selalu merasa Lelah

Selain sulit tidur, selalu merasa Lelah dan gampang capek juga menjadi salah satu tanda hormon estrogenmu berlebihan. Bisa jadi gaya hidupmu kurang sehat.
Jika kamu merasakan beberapa tanda di atas. Ubah gaya hidupmu atau segera cek ke dokter ya jika memang perubahan itu sampai membuatmu tidak nyaman.

 

Sumber : Berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button