OKU SELATAN

Kepengurusan FKUB OKUS Periode 2022-2027 Dilantik, Ini Harapan Besar Bupati

MAKLUMATNEWS.com, Okus – Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., melantik Kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten OKU Selatan Periode 2022-2027 di Aula Pemkab OKU Selatan, Kamis (28/07/2022) pagi. Tak hanya melantik, Bupati Popo Ali juga sekaligus membuka Rapat Koordinasi FKUB Kabupaten OKU Selatan Tahun 2022.

Dalam arahannya, bupati menyampaikan terimakasih kepada kepengurusan FKUB yang sejauh ini telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam menjaga keamanan dan kerukunan antar umat beragama di Bumi Serasan Seandanan.

“Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten OKU Selatan ini dibentuk berdasarkan peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 tahun 2006 dan Nomor 8 tahun 2006, tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam pemeliharaan umat beragama dan pendirian rumah ibadah.

FKUB merupakan wadah bagi segenap masyarakat Indonesia umumnya serta masyarakat OKU Selatan khususnya dalam rangka membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan umat beragama yang difasilitasi pemerintah dalam membantu menumbuh kembangkan keharmonisan umat, saling pengertian, saling menghormati dan saling percaya di antara umat beragama.

“FKUB diharapkan dapat menjalin hubungan baik sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam NKRI berdasarkan UUD negara republik Indonesia tahun 1945,” ujarnya.

Bupati OKU Selatan dua periode ini juga berharap agar FKUBD untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait serta lembaga masyarakat lain dalam melaksanakan tugas pokok forum kerukunan umat beragama di Kabupaten OKU Selatan ini.

“Selamat kepada kepengurusan forum kerukunan umat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan periode 2022-2027 yang telah dilantik. Semoga Kemitraan antara pemerintah dan forum kerukunan umat Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dapat meningkatkan kerukunan umat beragama di Kabupaten OKU Selatan.

Sementara itu, Kepengurusan FKUB Kabupaten OKU Selatan periode 2022-2027 dinahkodai oleh Dapik Purnayuda, S.Pd.I., M.M., menggantikan Elmizon, S.Ag., M.Pdi., yang menjadi ketua FKUB OKU selatan periode 2017-2022.

Usai dilantik, Dapik Purnayuda, S.Pd.I., M.M., mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang telah berkenan langsung melantik kepengurusan FKUB periode 2022-2027 ini. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada segenap panitia yang turut mendukung kesuksesan kegiatan ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mensukseskan pelantikan forum kerukunan umat beragama ini. Alhamdulillah kegiatan ini lancar, terimakasih kepada Bupati dan jajaran yang telah memberikan amanat kepada kami, dalam mempercayai kami sebagai ketua dan anggota Forum Kerukunan Umat Beragama di OKU Selatan. Kami siap memegang amanah ini dan ke depan bisa selalu bersama-sama bersinergi,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa FKUB siap mendukung untuk merealisasikan program pemerintah daerah dalam menjaga kerukunan umat beragama di OKU Selatan.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut FKPD, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Pendidikan, Kadin Sat Pol PP, Kadinsos, Kadin PMPTSP, Kabag Kesra, Para Camat, perwakilan tokoh agama dari 19 Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.

Adapun susunan dewan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan periode 2022-2027 sebagai berikut:

1. H. Dapik Purnayuda, S.Pd.I., MM., sebagai Ketua.
2. Marlis Abadi, SKM.,MM., sebagai Wakil Ketua I.
3. Azhari Nangcik, sebagai Wakil Ketua II
4. Komaruddin, S.Pd., sebagai Sekretaris
5. I Wayan Parma, S.Ag., sebagai Wakil Sekretaris
6. Silvinna Afrillia, SE., sebagai Bendahara.
7. KH. Imam Sarbini, sebagai anggota dan tokoh agama sebagai anggota lainnya.

BACA JUGA  Sekda OKUS Jadi Irup Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2022, Ini Pesannya..!

Dalam Rakor FKUB OKU Selatan 2022, dijelaskan bahwa hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman, saling pengertian, mendorong partisipasi dan kerjasama umat beragama dalam memperkuat dasar-dasar FKUB guna membangun dan memelihara harmoni sosial dalam kerangka Kesatuan Negara Republik Indonesia, memperkokoh kerukunan, toleransi, antar umat beragama.

“Sebagai forum kita punya tanggungjawab moril untuk mengawal kerukunan hidup umat beragama karena didalamnya terhimpun para pimpinan agama yang memiliki akses yang sangat kuat dengan kepentingan umat beragama di lapangan. Langsung atau tidak langsung dampaknya akan terasa oleh kita semua sebagai pimpinan (agama) kalau tidak dikanalisasi setiap permasalahan yang muncul,” ujar ketua pelaksana, Marlis Abadi, S.KM., M.M.,

Rakor yang dilaksanakan selama 1 hari tersebut diisi dengan tiga pemateri, diantaranya Irwan Ridwan, SH. MM. Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Agama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Selatan, H. Syarip, S.Ag., M.Pdi., selaku Kepala Kantor Kemenag OKU Selatan dan Joni Rafles, AP., M.Si., selaku Assisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten OKU Selatan.

Reporter : Iskandar
Editor : Jemmy Saputera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button