PALEMBANGPERISTIWA

Dari Ribuan, Baru 200 Anjing Divaksin Rabies

MAKLUMATNEWS.com, Palembang, Demi memastikan Kota Palembang bebas rabies 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui instansi terkait perlu  kerja keras. Sebab, capaian vaksinasi terhadap anjing masih minim. Hal itu disampaikan langsung Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti, Senin (1/8/2022).

Ia mengatakan, pihaknya melakukan jemput bola dengan vaksinasi dan pendataan pada Hewan Penular Rabies (HPR) dengan memanfaatkan aplikasi Palembang Bebas Rabies.

“Vaksinasi hewan yang termasuk rabies seperti anjing, kucing, monyet, musang sekaligus pendataan dengan menggunakan mikro chip,” katanya.

Adapun pendataan hingga saat ini baru ada sekitar 200-an anjing dari perkiraan 2000-an anjing yang ada di Kota Palembang. Sedangkan untuk kucing ini lumayan banyak yang sudah divaksin.

“Ini dikarenakan mobilisasi untuk hewan anjing sedikit lebih sulit dibandingkan dengan kucing yang relatif lebih mudah dibawa kemana- mana,” katanya.

Pihaknya menargetkan 2024 sudah bebas rabies, dan target pendataan akhir tahun ini clear. Karena itu, pihaknya sambil lakukan vaksin, juga pemasangan microchip sekaligus pendataan HPR.

“Kalau sudah terdata HPR, tercatat 70 persen sudah vaksin maka bisa dikatakan bebas rabies. Vaksin ini yang kita kejar,” katanya.

Meskipun ketersediaan microchip terbatas, maka baru di gunakan untuk anjing. Kalau kedepan stok sudah banyak maka semuanya akan dipasangkan microchip.

“Untuk jemput bola secara langsung kita juga melibatkan pihak kecamatan dan kelurahan. Misal di satu lokasi dikumpulkan ada beberapa HPR yang akan divaksin akan kita datangi, sebab jika untuk door to door belum bisa saat ini karena terkendala SDM,” katanya.

Reporter : Pitria.                                            Editor : Jemmy Saputera

BACA JUGA  PLN Perkuat Sistem Proteksi untuk Kelistrikan yang Andal dan Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button