PALEMBANG

Pastikan Irigasi Berjalan Lancar IPDMIP Evaluasi 7 Kabupaten/ Kota di Sumsel

MAKLUMATNEWS.com, Palembang.—Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel menggelar Pertemuan Koordinasi Kedua Integrated Participatory of Development and Managemebent of Irrigation Program (IPDMIP) Tingkat Provinsi bertempat di ruang Serelo Hotel Swarna Dwipa, Senin (1/8/2022).

IPDMIP merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel Dr Ir H Bambang Pramono Msi mengatakan, kegiatan hari ini adalah untuk melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan IPDMIP di 7 kabupaten.

“Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Kedepan kita akan bersama konsultan regional IPDMIP, ada dari 7 kabupaten, ada PPK, ada PPTK dan penyuluh provinsi serta penyuluh kabupaten. Semuanya kita lakukan pelatihan dan monitoring evaluasi kegiatan IPDMIP yang berjalan,” ujarnya.

“Melalui kegiatan ini, sekaligus kita akan meminimalisir pemasalahan yang ada di lapangan,” tambah Bambang.

Lebih lanjut Bambang menuturkan, tujuan yang kedua adalah untuk lebih mencapai target sasaran. Dengan melakukan kegiatan diskusi, apa-apa yang masih belum tercapai di lapangan disinergikan. Sehingga sasarannya dapat lebih tepat berdaya guna. Selain itu, pelaksanaannya di bulan-bulan yang akan datang. Ketiga tujuan pelatihan ini adalah tentu saja mempertajam kegiatan program kegiatan yang masih tertunda, dilakukan percepatan sekaligus melakukan sinergi dengan teman-teman kabupaten baik di tingkat lapangan dan kabupaten.

 

“Pelatihan ini adalah untuk memecahkan semua persoalan di lapangan. Kalau permasalahan di lapangan misalkan masih terjadi banjir di lokasi kegiatan, masih belum baiknya sarana infrastruktur, masih terkendalanya peningkatan benih dan pembuatan benih di lapangan. Maka kita lakukan evaluasi dan selanjutnya kita buatkan komitmen untuk memperbaiki kegiatan yang akan datang,” bebernya.

BACA JUGA  Ustad H Riza Pahlevi Nakhodai MUI Palembang

Jadi dalam kegiatan IPDMIP ini, sambung Bambang, ada 7 kabupaten yang melaksanakan yaitu Musi Rawas, Muara Enim, Pali, Empat Lawang, Muba Banyuasin dan Oku Selatan.

“Kendala selama ini adalah belum sinerginya dinas kabupaten dan provinsi terhadap pengelolaan daerah irigasi. Sedangkan pengelolaa irigasi tidak hanya di PU Pengairan, tidak hanya Dinas Pertanian. Tapi tanggung jawab semuanya,” urainya.

Oleh sebab itu, sambung Bambang, dengan adanya kegiatan IPDMIP ini menjamin kegiatan usaha tani di daerah irigasi. Tujuan utamanya meningkatkan pendapatan petani di daerah irigasi.

“Ada tiga target kegiatan IPDMIP pertanian ini yakni pertama peningkatan kapasitas penyuluh dan aparatur. Kedua adalah membuat penangkaran benih atau kualitas benih itu. Ketiga adalah peningkatan rantai nilai kegiatan IPDMIP ini,” bebernya.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita ada pelatihan ini, ada keterbukaan dan diskusi serta adanya kerjasama sinergi yang lebih baik dari semua unsur, untuk dapat melakukan kegiatan lebih baik lagi,” tandas Bambang.

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button