LIFESTYLE

Doa untuk Bayi yang Baru Lahir Agar Sehat dan Cerdas

MAKLUMATNEWS.com — Bagi orang tua baru, kehadiran bayi tidak hanya mendatangkan kebahagiaan tetapi juga mungkin kekhawatiran. Banyak pasangan yang baru memiliki anak merasa kebingungan dalam merawat bayi baru lahir.

Namun yang pastinya orang tua pasti menginginkan  anaknya sehat dan cerdas,  dalam ajaran islam momen lahirnya sih  buah hati biasanya terdapat rangkaian yang harus dibacakan oleh ayah maupun kerabat yang datang menjenguk. Nah, berikut ini kumpulan doa untuk bayi yang baru lahir.

  1. Doa agar anak tumbuh sehat, bertakwa, dan cerdas

Doa ini diartikan sebagai harapan agar anak dapat tumbuh dengan baik, bertakwa, dan cerdas. Akan tetapi, kamu baru bisa membacanya setelah melantunkan azan pada telinga bayi di sebelah kanan dan membaca ikamah pada telinga kiri. Berikut doa tersebut:

اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Allahummaj’alhu barran taqiyyan rasyidan wa-anbit-hu fil islami nabatan hasanan

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik.”

  1. Doa untuk melindungi anak dari setan yang terkutuk

Selanjutnya, kamu bisa membacakan QS. Ali Imran (3: 36) pada telinga bayi sebelah kanan sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT atas perlindungan dari setan yang terkutuk.

وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Wa inni u’idzu bika wadzurriyyataha minasysyaithanir rajim

Artinya: “Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk.”

  1. Doa agar anak dihindarkan dari hal-hal yang buruk

Seperti diketahui, hal-hal buruk akan selalu mengiringi kehidupan seseorang. Oleh karenanya, dengan membaca doa ini, diharapkan kelak anak yang kamu lahirkan akan selalu berada dalam perlindungan Allah SWT. Berikut bacaan doa tersebut:

BACA JUGA  Mengonsumsi Makanan Pedas Bisa Perpanjang Usia?

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

A’udzu bikalimatillahi at-tammati min kulli syaithanin wa hammatin wamin kulli ‘ainin lammatin

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat.”

  1. Doa pembuka rezeki dan pembawa hal baik

Selain doa-doa di atas, Surat Al-Fatihah ternyata juga dikenal sangat baik bagi bayi yang baru lahir. Ini karena surat Al Fatihah bisa menjadi doa pembuka rezeki dan membawa kebaikan bagi kehidupan.

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ  ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ  ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ  إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ  صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ

Bismillahir-rahmanir-rahim al-hamdu lillahi rabbil-‘alamin ar-rahmanir-rahim maliki yaumid-din iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in ihdinas-siratal-mustaqimsiratallazina an’amta ‘alaihim gairil-magdubi ‘alaihim wa lad-dallin

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” (QS Al Fatihah: 1-7)

  1. Ucapan doa sebagai hadiah bagi orangtua dan harapan agar bayi yang dilahirkan menjadi anak yang berbakti

Doa untuk bayi yang baru lahir, tak hanya dapat dibaca oleh ayah maupun ibu sebagai kedua orangtuanya saja. Sebab, ada pula doa baik yang bisa dibaca oleh seseorang yang ingin menjenguk bayi yang baru saja lahir.

Doa tersebut merupakan hadiah untuk orangtua yang melahirkan sekaligus harapan agar si kecil akan menjadi orang yang dewasa dan berbakti kelak. Berikut bacaan doanya:

BACA JUGA  Februari 2023, Cari Cuan di YouTube Shorts Kian Gampang, Begini Cara dan Pembagian Hasilnya

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Barakallahu laka fil mauhubi laka wasyakarta al-wahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu

Artinya: “Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rezeki atas kebaikan-Nya.”

 

Sumber : idntimes.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button