MUSI BANYUASIN

Identitas Kependudukan Digital Selesai Bulan Depan

MAKLUMATNEWS.com, MUBA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  bersama Pemkab Musi Banyuasin terus gencar dalam menindaklanjuti penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai pengganti KTP elektronik dalam bentuk fisik bagi masyarakat atau penduduk, khususnya dalam wilayah Kabupaten Muba.

Pada kesempatan ini, Plt Kepala Dinas Dukcapil Muba Muhammad Salim ST MSi, mengatakan bahwa Kabupaten Muba merupakan kabupaten yang pertama menerapkan IKD bagi ASN dan tenaga kontrak Pemkab Muba.

“Program ini sesuai dengan Permendagri no 72 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak dan Blanko KTP Elektronik. Identitas kependudukan digital ini, kita mulai dari OPD dulu, jika semua OPD sudah semua, kita akan mulai ke kecamatan untuk sosialisasi ke masyarakat. Kegiatan untuk OPD ini sudah di mulai dari bulan Juli 2022 dan ditargetkan selesai bulan September 2022,”terangnya.

Mengutip dari beritasumatera.co.id, dijelaskan Salim, tujuan pembuatan identitas kependudukan digital ini sebagai pengganti dokumen kependudukan bentuk fisik khususnya e-KTP dan juga mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan dalam bentuk digital.Registrasi ini khusus bagi masyarakat yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki KTP.

“Kita bisa melihat KTP, Kartu Keluarga, Vaksin, NPWP dalam satu aplikasi, sehingga kita berharap masyarakat lebih mudah dalam hal dokumen pribadi. Kedepannya kita tidak akan menggunakan ktp manual lagi melainkan memakai Aplikasi Identitas Kependudukan Digital tapi semua perlu waktu karena tidak semua masyarakat memiliki smartphone dan sinyal yang kuat. Selanjutnya, apabila masyarakat yang sudah terdaftar di aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) tapi handphone hilang, diharapkan langsung datang ke Dukcapil daerah masing-masing agar aplikasi bisa di kunci supaya data yang ada tidak disalahgunakan,” tandasnya.

BACA JUGA  Sabtu, Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi Tinjau Jalan Rusak di Jirak Jaya 

Sementara, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP menyambut baik dan mendukung program penerapan IKD yang prakarsai oleh Disdukcapil Muba tersebut..

“Kita support penuh Program IKD ini, karena program ini sangat tepat dan efisien sekali. Dalam segi keamanan aplikasi IKD ini dilengkapi dengan fitur pencegahan tanggap layar, sehingga meminimalisir penyalahgunaan informasi. Selain itu, kode QR yang dibagikan juga selalu berubah-ubah sehingga lebih aman,”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button