INFO HAJI 2024SUMSEL

Kloter I Jemaah Haji Asal OKU Timur Tiba di Palembang

Sebanyak 450 Jamaah Wajib Jalani Clearance

MAKLUMATNEWS.com,Palembang-Sebanyak 450 orang jemaah haji asal kabupaten Ogan Komering Ulu (OKu) Timur , Sumatera Selatan (Sumsel) termasuk pendamping tiba di bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Senin (1/8/2022) petang kemarin.

Executive General Manager Bandara Internasional SMB II Palembang, R Iwan Winaya Mahdar, mengatakan, kedatangan jemaah ini merupakan kloter pertama pemulangan jemaah haji asal Sumsel.

“Jadi, kedatangannya tidak tentu seperti saat ini. Ada yang malam hari misalnya pukul 23.00, juga pukul 00.00, ada yang pagi hari dan seterusnya,” katanya.

Kedatangan jemaah haji dijadwalkan selama 9-12 hari tetapi bukan dengan penerbangan yang berturut-turut.

“Kita masih ditentukan oleh slot yang disediakan di Saudi Arabian Airlines yang terbang dari Mekkah atau Jeddah,” katanya.

Setelah tiba di bandara, jemaah haji akan langsung diangkut menggunakan bus dan diarahkan ke asrama haji. “Nanti di sana (asrama haji) akan dilakukan proses clearance sebanyak tiga kali,” katanya.

Adapun proses clearance pertama dari balai karantina kesehatan atau oleh petugas kantor kesehatan pelabuhan kelas II Palembang.

Prosesnya yakni jemaah haji diminta melakukan pemeriksaan berbasis antigen secara menyeluruh. “Seluruh jemaah tes antigen,” katanya.

Kemudian, clearance juga dilakukan terhadap dokumen keimigrasian oleh petugas kantor Imigrasi Palembang. Terakhir, clearance terhadap barang bagasi bawaan oleh petugas Bea Cukai.

“Ini adalah bagian dari layanan kami yang tentunya didukung penuh oleh PPIH Sumsel dan didampingi kabid haji. Tujuannya untuk memastikan bahwa layanan di bandara bisa dilakukan dengan cepat dan tepat,” katanya.

Reporter :Pitria.                                              Editor : Jemmy Saputera

BACA JUGA  Kabar Gembira, Jamaah Masjidil Haram Bisa Kembali Mencium Hajar Aswad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button