LIFESTYLE

Tips Menanam Cabai Rawit di Dalam Pot Agar Hasil Maksimal

MAKLUMATNEWS.com — Cabai Rawit salah satu bumbu dapur yang tidak pernah tinggal dalam masakan dan bahan makanan.Harga cabai rawit yang tinggi mendorong sebagian masyarakat melakukan budidaya dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah.

Untuk membudidayakan tanaman cabe tidaklah sulit dilakukan berikut tips dan cara menanam cabe rawit yang sederhana dan mudah untuk Anda praktekkan nantinya. Jika Anda memiliki lahan yang sempit dan terbatas, tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan pot sebagai wadah tanam untuk tanaman cabe rawit.

Cara Menanam Cabe Rawit

Dalam proses menanam tanaman cabe rawit dalam pot, ada beberapa tahapan atau tahapan yang harus kita perhatikan.

Pemilihan Bibit Cabe

Langkah pertama menanam cabe rawit adalah dengan memilih bibit cabe rawit yang memiliki kualitas terbaik. Hal ini tentunya sangat penting agar tanaman cabe rawit nantinya dapat tumbuh dengan baik dan sehat serta menghasilkan cabe yang banyak dan sempurna. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pemilihan bibit cabe dilakukan dengan memilih beberapa cabe yang sehat dan bebas penyakit.
  • Setelah dipilih, potong cabe dan ambil biji yang ada di dalamnya. Kemudian biji dijemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih tiga hari tanpa terkena sinar matahari langsung.
  • Setelah tiga hari penjemuran, benih cabe rawit kemudian disemai ke dalam wadah khusus.

Pembibitan Bibit Cabe

Untuk cara menanam tanaman cabe, langkah selanjutnya adalah penyemaian. Proses penyemaian benih cabe sendiri diawali dengan merendam benih cabe rawit yang sebelumnya sudah kita keringkan ke dalam air hangat selama kurang lebih setengah jam. Kemudian benih direndam dalam cairan penumbuh akar selama sehari semalam. Jika ada, buang bijinya karena nanti tidak bisa tumbuh dengan baik dan optimal. Benih yang direndam kemudian dibungkus dengan kain basah untuk siang dan malam lagi.

BACA JUGA  Sering Dibasmi! Ternyata ini Alasan Allah Menciptakan Nyamuk

Untuk wadah penyemaian bisa menggunakan bak plastik atau wadah lainnya, kemudian buat lubang di bagian bawah dengan diameter 10 cm. Untuk media tanam penyemaian, gunakan campuran pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1, kemudian disiram dengan cairan penumbuh akar. Setelah wadah dan media tanam untuk penyemaian siap. Selanjutnya benih ditanam satu persatu ke dalam wadah dengan jarak yang cukup agar nantinya dapat dipindahkan dengan mudah dan tidak saling mengganggu.

Setelah ditanam sepenuhnya, tutup wadah dengan plastik untuk menghindari gangguan dari luar. Siram dengan air secukupnya dan letakkan wadah di tempat yang teduh dan juga terhindar dari sinar matahari. Bibit cabe rawit siap jika sudah bertunas dan memiliki sekitar empat helai daun yang sudah tumbuh. Anda bisa memindahkan bibit cabe nantinya ke dalam pot atau ditanam di tanah.

Persiapan Media Tanam

Cara menanam tanaman cabe rawit, selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanam, apalagi jika menggunakan wadah seperti pot atau polybag. Media tanam cabe rawit menggunakan campuran tanah gembur, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian masukkan media tanam tersebut ke dalam pot atau polybag dengan diameter 30 cm atau lebih.

Anda harus menyiapkan media tanam 14 hari sebelumnya. Dan seminggu sebelum tanam, media tanam disiram dengan air atau larutan pertumbuhan tanaman yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman cabe.

Proses Penanaman Cabe Rawit

Terakhir adalah proses penanaman, baik menggunakan pot maupun polybag. Pertama-tama Anda harus memilih bibit cabe rawit yang sudah disemai yang memiliki kualitas yang baik. Bibit harus memiliki setidaknya empat daun sebelum tanam. Jika benih sudah dimasukkan ke dalam lubang tanam, padatkan kembali dengan tanah secara perlahan, lalu siram dengan air secukupnya. Lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman tetap mendapatkan asupan air yang cukup.Untuk mendapatkan berbagai jenis cabai tersebut bisa juga membeli secara online. Anda tidak perlu takut mendapatkan produk cabai yang layu, karena apabila membeli di TaniHub pengirimannya hanya membutuhkan satu hari saja. Sehingga hal tersebut menjamin kualitas jenis cabai yang Anda pilih masih segar ketika akan digunakan memasak.

BACA JUGA  Ini 3 Cara Branding Efektif Untuk Pelaku Bisnis Biar Cuan Ngalir

 

 

Sumber : tanihub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button