KRIMINALITASPAGARALAM

Polres Pagar Alam Ringkus Pembobol ATM BSB, Satu Tersangka DPO

MAKLUMATNEWS.com – Pagaralam- Pembobol ATM Bank SumselBabel di Kota Pagar Alam berhasil diringkus jajaran Polres Pagar Alam, satu diantaranya masih dilakukan pengajaran dan ditetapkan masuk daftar pencarian orang (DPO).

Polres Pagar Alam meringkus tersangka Pembobol ATM, Jhonice Ari, tersangka melakukan aksinya bersama satu orang temannya yang kini boron aksi tersebut dilakukan di ATM Bank SumselBabel Karang Dalo Pagar Alam Sumsel.

ATM Bank SumselBabel bukan hanya di Pagar Alam saja, namun beberapa kota lainnya juga terkena sasaran bandit Pembobol ATM salah satunya yang kini berhasil diringkus Polres Pagar Alam.

Sepak terjang Jhonice Ari (27) dalam aksi membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terhenti di Kota Pagar Alam. Aksi warga Sukajadi Blambangan, Kecamatan Buay Runjung, Kabupaten OKU Selatan, gagal terlaksana akibat kecurigaan warga.

Upaya membobol mesin ATM, dilakukan Jhoni di gerai ATM SPBU Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah, Pagar Alam, Selasa 2 Agustus 2022. Modus yang digunakan pelaku yakni, dengan menggunakan lem dan potongan gergaji yang kemudian dimasukkan ke dalam mesin ATM.

“Ketika ada korban yang melakukan transaksi, maka otomatis ATM yang sudah terlanjur masuk tidak bisa keluar,” terang Kapolres Pagar Alam, AKBP Arif Harsono, kamis 4 Agustus 2022.

Kapolres mengungkapkan, ketika mendapati korban yang kartu ATM-nya tidak bisa keluar, pelaku bersama rekannya (DPO) kemudian masuk dan berpura-pura membantu sembari menghafal pin ATM korban.

Dikatakan Kapolres, agar tidak dicurigai, tersangka merekomendasikan korban untuk melapor kejadian tersebut ke pihak bank.

“Setelah itulah pelaku melakukan eksekusi mencoba melakukan transaksi dengan pin yang sudah dihafal. Meskipun menurut pengakuan pelaku bahwa dalam aksinya selalu gagal,” ungkap Kapolres.

BACA JUGA  PSHT Cabang Pagar Alam Jadikan Program Kerja Acuan Organisasi

“Upaya pertama yang dilakukan adalah merusak kamera pada layar monitor ATM agar tidak diketahui. Namun untuk TKP Pagar Alam, aksi mencurigakan pelaku keburu diketahui warga sekitar,” kata Kapolres lagi.

Menurut Kapolres, kerugian yang diakibatkan oleh aksi pelaku ini sebesar Rp5 juta, sementara barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu buah obeng , satu botol lem, satu buah potongan gergaji besi dan beberapa kartu ATM.

“Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 363 ayat 1 huruf a 4 dan 5 dengan ancaman tujuh tahun penjara,” pungkasnya

Saat ini pihak Polres Pagar Alam masih terus melakukan pendalaman terhadap kasus ini, apakah ada keterkaitan degan kasus Pembobolan ATM di daerah lain.

Reporter : Lian Ugansyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button