NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 41 Wahai Rasul, Jangan Sedih atas Keingkaran orang Munafik dan Yahudi (2)

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 41 berbunyi :

(۞ یَـٰۤأَیُّهَا ٱلرَّسُولُ لَا یَحۡزُنكَ ٱلَّذِینَ یُسَـٰرِعُونَ فِی ٱلۡكُفۡرِ مِنَ ٱلَّذِینَ قَالُوۤا۟ ءَامَنَّا بِأَفۡوَ ٰ⁠هِهِمۡ وَلَمۡ تُؤۡمِن قُلُوبُهُمۡۛ وَمِنَ ٱلَّذِینَ هَادُوا۟ۛ سَمَّـٰعُونَ لِلۡكَذِبِ سَمَّـٰعُونَ لِقَوۡمٍ ءَاخَرِینَ لَمۡ یَأۡتُوكَۖ یُحَرِّفُونَ ٱلۡكَلِمَ مِنۢ بَعۡدِ مَوَاضِعِهِۦۖ یَقُولُونَ إِنۡ أُوتِیتُمۡ هَـٰذَا فَخُذُوهُ وَإِن لَّمۡ تُؤۡتَوۡهُ فَٱحۡذَرُوا۟ۚ وَمَن یُرِدِ ٱللَّهُ فِتۡنَتَهُۥ فَلَن تَمۡلِكَ لَهُۥ مِنَ ٱللَّهِ شَیۡـًٔاۚ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ ٱلَّذِینَ لَمۡ یُرِدِ ٱللَّهُ أَن یُطَهِّرَ قُلُوبَهُمۡۚ لَهُمۡ فِی ٱلدُّنۡیَا خِزۡیࣱۖ وَلَهُمۡ فِی ٱلۡـَٔاخِرَةِ عَذَابٌ عَظِیمࣱ)

Artinya :

Wahai Rasul (Muhammad)! Janganlah engkau disedihkan karena mereka berlomba-lomba dalam kekafirannya. Yaitu orang-orang (munafik) yang mengatakan dengan muLuṭ mereka, “Kami telah beriman,” padahal hati mereka belum beriman, dan juga orang-orang Yahudi yang sangat suka mendengar (berita-berita) bohong dan sangat suka mendengar (perkataan-perkataan) orang lain yang belum pernah datang kepadamu.* Mereka mengubah kata-kata (Taurat) dari makna yang sebenarnya. Mereka mengatakan, “Jika ini yang diberikan kepadamu (yang sudah diubah) terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini, maka hati-hatilah.” Barang siapa dikehendaki Allah untuk dibiarkan sesat, sedikit pun engkau tidak akan mampu menolak sesuatu pun dari Allah (untuk menolongnya). Mereka itu adalah orang-orang yang sudah tidak dikehendaki Allah untuk menyucikan hati mereka. Di dunia mereka mendapat kehinaan dan di akhirat akan mendapat azab yang besar.

Selanjutnya Allah menghibur Nabi Muhammad SAW untuk tidak bersedih atas keingkaran mereka dan orang-orang sepertinya, karena pada hakikatnya keberadaan mereka dalam kelompok Islam tidaklah menambah nilai, dan ketiadaan mereka juga tidaklah mengurangi kuantitas dan kualitas.

Mereka hanya setia kepada hawa nafsu mereka, sehingga mereka akan saling menasehati diantara mereka. Jikalau Muhammad memberikan hukum sesuai dengan selera hawa nafsu kalian, maka ikutilah Muhammad, namun jika yang disampaikannya itu tidak sesuai dengan selera hawa nafsu kalian maka berhati-hatilah terhadapnya dan jangan kalian ikuti dia.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al Maidah Ayat 114 Doa Nabi Isa as Meminta Hidangan dari Langit

Dan barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah SWT untuk dibiarkan dalam kesesatan maka tidak ada yang akan menariknya dari kesesatan dan membimbingnya menuju hidayah.

Mereka yang memiliki sifat seperti itu baik munafik maupun Yahudi tetap dalam kondisi mereka karena Allah tidak membersihkan hati mereka dari kekafiran. Bagi mereka siksa di dunia dan adzab yang kekal akhirat.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button