SEHATWANITA

Sering Dianggap Sepele, Ini 5 Khasiat Tersembunyi Dibalik Daun Kemangi!

MAKLUMATNEWS.com – Jika mendengar daun kemangi, pasti kita teringat dengan lalapan. Karena daun kemangi biasa dijadikan lalapan pendampin makan siang baik yang biasa orang Indonesia lakukan. Ternyata tak sekedar lalap dalam makanan, daun kemangi rupanya memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit, lho!
Daun yang memiliki aroma khas ini juga diketahui masih satu keluarga dengan daun mint.

Dikutip dari Grid.id, inilah segudang manfaat luar biasa yang dimiliki daun kemangi yang terbukti efektif untuk merawat kecantikan kulit. Berikut 5 khasiatnya!

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Daun kemangi memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat untuk mengusir flek hitam dari wajah. Memanfaatkan daun kemangi dengan benar, akan membuat kulit wajah anda akan lebih cerah merata.
Untuk hasil maksimal, tambahkan beberapa daun kemangi yang sudah dihaluskan dengan satu sendok gliserin. Lalu, gunakan dua bahan tersebut untuk dijadikan masker wajah setiap hari, ya!

2. Mengobati dan Menghilangkan Jerawat

Tak hanya mencerahkan wajah, daun kemangi juga efektif menghilangkan jerawat.
Dikarenakan sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dimiliki oleh daun kemangi. Caranya mudah, hancurkan beberapa lembar daun kemangi dan tambah kunyit ke dalamnya.
Jika sudah tercampur, oleskan secara merata pada wajah.
Lalu, biarkan beberapa menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

3. Mencegah Penuaan Dini

Daun kemangi juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Karena daun kemangi memiliki sifat anti-aging, lho!

Ini akan membuat kulit tampak lebih muda dan terasa lebih kencang. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, ambil pasta daun kemangi, dan tambahkan sedikit minyak kelapa. Masukkan satu sendok clay multani mitti (tanah liat yang kaya mineral) dan campur semua bahan menjadi satu. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan sebentar sebelum dibersihkan. Untuk hasil maksimal, disarankan untuk menggunakan masker ini dua kali sehari.

BACA JUGA  Rekomendasi! 10 Makanan Penambah HB dengan Cepat

4. Mengobati Infeksi atau Peradangan Kulit

Selain mengobati jerawat, sifat anti bakteri daun kemangi juga bisa menjadi penyembuh infeksi. Caranya pun cukup mudah, haluskan beberapa lembar daun kemangi. Kemudian campur daun kemangi dengan setengah cangkir yogurt. Jika sudah, oleskan bahan tersebut pada kulit yang mengalami infeksi.

5. Menghilangkan Flek Hitam

Kandungan antioksidan yang ada pada daun kemangi juga ampuh untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, bercahaya dan bebas noda, Anda cukup dengan menghaluskan beberapa daun kemangi. Lalu, tambah satu sendok bubuk cendana dan satu sendok clay multani mitti ke dalamnya. Campur semua bahan dan oleskan pada wajah, kemudian diamkan hingga kering lalu bersihkan.

Itulah 5 khasiat yang dimiliki oleh daun kemangi. Mulai sekarang jangan disepelekan lagi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button