SEHAT

Air Es Bikin Gemuk ? Ini Faktanya!

MAKLUMATNEWS.com – Komposisi tubuh manusia terdiri dari air dengan jumlah lebih dai 70%. Air menjadi bagian penting dari tubuh kamu dan dapat dikatakan sebagai rahasia untuk hidup lebih lama. Air membantu transportasi oksigen dan nutrisi ke sel dan organ dan mengatur suhu tubuh.

Selain itu,air juga berguna untuk melembapkan kulit, membantu pencernaan dan menyaring racun. Jika kekurangan air selama beberapa hari bisa menyebabkan kematian.

Saat cuaca sedang panas, air es menjadi salah satu cairan penyejuk favorit. Sekali teguk, rasanya sejuk sekali dan menghilangkan dahaga lebih cepat daripada minum air biasa atau hangat. Mitos yang berkembang di tengah masyarakat, minum air es bisa membuat gemuk? Kita cek faktanya yuk!

Mitos
Mengutip dari orami.co.id, mitos “minum air es bisa bikin gemuk” timbul karena banyak orang mengonsumsi makanan berlemak lalu minum es, kemudian merasa tidak nyaman karena lemak di sela-sela gigi, lidah, dan rongga mulut membeku.

Hal ini yang menimbulkan pemikiran bahwa air es juga akan membekukan lemak di dalam tubuh, sehingga membuat kamu jadi gemuk.

Fakta
Mengutip dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa air dingin yang dikonsumsi justru akan menaikkan suhu tubuh.

Ini berarti air es tidak mungkin membekukan lapisan lemak dalam tubuh. Tapi, air es bisa membuat tubuh gemuk kalau dicampur dengan sirop, gula, atau makanan dan minuman manis lainnya. Justru air es justru bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Air es tidak hanya merupakan minuman 0 kalori, tetapi tubuh kita sebenarnya akan membakar kalori untuk memanaskannya hingga mencapai suhu tubuh (37 derajat Celcius). Meskipun, jumlah kalori yang dibakar sangat kecil. Air dingin meningkatkan metabolisme pada tubuh. Prosesnya saat air dingin masuk ke dalam tubuh, karbohidrat dan lemak dibakar untuk menghasilkan energi, yang pada gilirannya menghasilkan panas dan menyeimbangkan suhu sistem inti tubuh.

BACA JUGA  PPKM Dicabut, Prokes dan Vaksinasi Jangan Berhenti

Tubuh kita membutuhkan sekitar delapan cangkir lebih air setiap hari tergantung pada ukuran tubuh, usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas. Minum air putih sebagai pengganti minuman manis baik untuk pencernaan kita dan menjaga berat badan yang sehat, meskipun air yang diminum adalah air dingin.

Minum air dingin sebenarnya dapat membantu kita membakar beberapa kalori ekstra saat mencernanya karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya. Tetapi yang harus diperhatikan, belum tentu bahwa minum air dingin adalah alat awal yang ampuh untuk menurunkan berat badan.Kalori yang berlebihan bisa menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button