SEHAT

Beragam Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Obat Asam Urat

MAKLUMATNEWS.com — daun binahong memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, dan daun binahong sebagai obat herbal sudah tidak asing lagi di Indonesia.

Sebenarnya tumbuhan satu ini sudah digunakan sebagai obat tradisional secara turun-temurun di China, Korea dan Taiwan.

Tanaman yang berasal dari China ini digunakan sebagai penyembuh luka, obat diabetes hingga masalah kecantikan.

Daun binahong memiliki banyak kandungan penting seperti vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, flavonoid, riboflavin dan beta karoten.
Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Tanaman yang memiliki nama latin Anredera Cordifolia ini memiliki khasiat tinggi yang dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit kronis.

Kandungan senyawa aktif yang terdapat pada daun binahong mampu memberikan banyak manfaat kesehatan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Sebagai Obat Luka Bakar

Kandungan saponin yang terdapat di tanaman ini berperan sebagai antiseptik yang bisa mencegah infeksi bakteri penyebab lambatnya penyembuhan luka.

Sehingga daun binahong bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh luka, termasuk luka bakar. Senyawa yang terdapat di dalamnya, mampu mempercepat pembentukan kolagen pada kulit.

Kandungan flavonoid pada daun binahong juga terbukti sangat efektif mengurangi peradangan. Ada juga kandungan tanin yang membantu mengecilkan pori-pori kulit luka.

Sehingga bisa menghentikan produksi nanah, pendarahan ringan dan juga mempercepat kulit menutup luka.

2. Obat Maag Alami

Manfaat lain dari daun herbal ini yaitu bisa menjadi obat maag alami. Daun binahong diketahui dapat membersihkan radikal bebas sehingga melindungi mukosa.

Namun manfaat daun binahong sebagai obat maag perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Karena penelitian terkait ini masih terbatas pada tikus.

3. Jadi Obat Asam Urat

BACA JUGA  Waspada ISPA pada Anak-anak

Air rebusan daun binahong bisa dikonsumsi bagi para penderita asam urat. Hal ini sudah didukung oleh banyak penelitian. Air rebusan daun herbal ini bisa menurunkan purin penyebab asam urat.

Kandungan flavonoid pada daun binahong memberikan khasiat untuk menghambat pembentukan asam urat sehingga cocok untuk dijadikan obat asam urat.

4. Obat Gatal

Sudah disebutkan di atas bahwa daun binahong memiliki kandungan flavonoid dan saponin yang memiliki sifat anti jamur.

Sementara jamur bisa menjadi salah satu penyebab dari adanya iritasi kulit. Maka, daun ini bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal pada kulit.

5. Mencegah Risiko Diabetes

Diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah mengalami peningkatan melebihi batas normal. Orang-orang yang mengidap penyakit diabetes akan lebih berisiko terkena komplikasi.

Untuk bisa mencegahnya, Anda harus menjaga pola hidup sehat dengan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh dan olahraga secara rutin.

Tapi tahukah Anda? Ternyata daun binahong bisa menjadi obat tradisional untuk penderita diabetes. Daun ini memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

Kandungan senyawa steroid, flavonoid dan kumarin memiliki khasiat untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula pada usus serta meningkatkan produksi insulin.

6. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Ekstrak daun binahong dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada penderita gagal ginjal kronis.

Sudah ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ada perbaikan sel ginjal pada penderita gagal ginjal setelah diberikan ekstrak daun binahong.

7. Obat Hipertensi

Kandungan pada ekstrak daun binahong diyakini memiliki efek menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urin.

Keduanya sama seperti efek dari obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Maka, ekstrak daun binahong bisa digunakan sebagai obat hipertensi.

BACA JUGA  Ternyata, Jambu Biji Matang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

8. Cegah Penyakit Jantung

Masih ada lagi manfaat daun asal China ini untuk kesehatan, yaitu sebagai pencegah penyakit jantung.

Ekstrak daun binahong diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak yang ada di dalam darah.

Gabungan antara efek antihipertensi dan penurunan kolesterol ini sangat baik untuk mencegah gagal jantung, serangan jantung atau penyakit jantung lainnya.

9. Bisa Mengobati Anemia

Penyakit anemia disebabkan oleh produksi sel darah merah yang di dalam tubuh terlalu sedikit. Untuk meningkatkannya, penderita anemia harus memperbanyak konsumsi zat besi.

Daun binahong ternyata memiliki zat besi alami yang mampu memicu produksi sel darah merah pada tubuh. Sehingga daun ini bisa dijadikan obat anemia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button