NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 42 Menyikapi Perselisihan Orang Yahudi

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 42 berbunyi :

(سَمَّـٰعُونَ لِلۡكَذِبِ أَكَّـٰلُونَ لِلسُّحۡتِۚ فَإِن جَاۤءُوكَ فَٱحۡكُم بَیۡنَهُمۡ أَوۡ أَعۡرِضۡ عَنۡهُمۡۖ وَإِن تُعۡرِضۡ عَنۡهُمۡ فَلَن یَضُرُّوكَ شَیۡـࣰٔاۖ وَإِنۡ حَكَمۡتَ فَٱحۡكُم بَیۡنَهُم بِٱلۡقِسۡطِۚ إِنَّ ٱللَّهَ یُحِبُّ ٱلۡمُقۡسِطِینَ)

Artinya :

Mereka sangat suka mendengar berita bohong, banyak memakan (makanan) yang haram. Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (Muhammad untuk meminta putusan), maka berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka, dan jika engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan membahayakanmu sedikit pun. Tetapi jika engkau memutuskan (perkara mereka), maka putuskanlah dengan adil. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.

Pada ayat ini Allah Swt menjelaskan sifat orang Yahudi itu, yaitu menjadi hobby dan kesenangan mereka mendengarkan berita dusta, hoax dan propoganda, serta mengkonsumsi barang haram.

Maka, jika mereka datang kepadamu wahai Muhammad untuk meminta putusan dari permasalahan yang mereka hadapi, baik sesama mereka, maupun perselisihan dengan orang muslim, maka engkau bisa memilih untuk memberi mereka putusan, atau mencueki mereka.

Jika engkau cueki mereka hal itu tidak akan memberi mudharat kepadamu, dan jika engkau beri mereka putusan maka berlakulah dengan adil.

Sungguh Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An'am Ayat 65  Allah Maha Kuasa untuk Mengazab Hamba-Nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button