KULINERSUMSEL

IWSS Sumsel : Lestarikan Budaya Kuliner Lewat Lomba Kreasi

MAKLUMATNEWS.com,Palembang — Indonesia terkenal berbagai macam budaya Nusantara, Salah satunya budaya adat Sulawesi Selatan atau Bugis.

Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) melaksanakan kegiatan Workshop dengan tema ‘Kiprah Wanita Bugis di SumSel’ juga menggelar lomba kuliner makanan khas bugis yaitu kreasi barongko dan Pisang Ijo.

Ketua Pelaksana yang juga Ketua IWSS Banyuasin Hj Rohana mengatakan dalam talkshow untuk menjunjung kecintaan tentang kebudayaan bugis dibutuhkannya persatuan niat.

“Tujuan kegiatan untuk mengenalkan pada masyarakat umum banyak wanita bugis dan juga tidak bisa di anggap remeh sebagai wanita dan harus ikut berperan aktif. Tentunya wanita tidak kalah saing dari lelaki, kita harus membantu tidak bisa hanya meminta. Bisa berkiprah dengan baik di luar. Asalkan kita niat dan mau bergerak,”katanya saat memberikan Workshop, di Opi Mall, selasa (16/8/22).

Setelah workshop berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan lomba fashion show menggunakan baju Tokko yang dipakai oleh perempuan bugis.

Selanjutnya, perlombaan kreatifitas kuliner barongko dan pisang ijo. Barongko merupakan makanan khas di Sulawesi Selatan khususnya bagi suku Bugis dan suku Makassar. Bahan adonan untuk membuat barongko terdiri dari pisang kepok yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Sedangkan bahan pembungkus adonan barongko adalah daun pandan dan daun pisang.

“Pisang ijo paling pas disajikan bersama pisang raja. Untuk anak-anak agar lebih praktis, kulinh pisang ijo bisa dibuat dari lumpiah yang diberi pewarna pandan, untuk sirup merah nya kita langsung asli dari makasar,”kata salah satu peserta lomba Hj Sabariah.

Sementara itu, Ketua IWSS Sumsel Andi Siti Nurbaya mengatakan, melatarbelakangi diselenggarakannya kegiatan ini merupakan keinginan dari IWSS yang ingin mengenalkan bahwa di Sumsel IWSS ada, serta mengangkat budaya dari Sulsel.

BACA JUGA  RSUP Dr Mohammad Hoesin Gelar Swab Massal Untuk Tenaga Kesehatan

“Karena di Banyuasin ini banyak warga Bugis jadi dengan adanya festival ini mudah – mudahan warga Bugis yang ada di wilayah Banyuasin mengetahui bahwa IWSS itu ada, dan kami juga mengajak kepada warga Bugis yang ada di Sumsel sesama warga Bugis jikalau ingin bersilaturahmi serta bergabung di IWSS,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button