SEHAT

Viral Kasus Wanita Pakai Mobil Mewah Curi Cokelat di Alfamart Diduga Idap Kleptomania. Apa Itu ?

MAKLUMATNEWS.com – Baru-baru ini viral di media sosial tentang kasus pencurian dua batang cokelat di sebuah minimarket Alfamart yang dilakukan oleh seorang wanita. Dalam video yang beredar, wanita tersebut ternyata mengendari sebuah mobil mewah berwarna putih. Banyak netizen atau masyarakat menduga bahwa wanita tersebut memiliki perilaku kleptomania. Lalu, apa itu kleptomania? Mari kita bahas.

Mengutip dari Halodoc.com, kleptomania adalah gangguan kebiasaan dan impuls ( gangguan kontrol impuls ) yang ditandai dengan sulitnya menahan dorongan untuk mencuri. Dorongan untuk mencuri itu bukan muncul karena mereka membutuhkan atau menginginkan barang tersebut. Bukan pula karena mereka tidak mampu menangani.

Mereka mencuri karena alasan yang tidak bisa dijelaskan. Bahkan, mereka tidak sadar bahwa apa yang terjadi salah dan bisa menyembuhkan dirinya ataupun orang lain. Namun, mereka tidak bisa menahan diri untuk tidak mencuri barang tersebut.

Penyebab seseorang bisa mengidap Kleptomania

Untuk penyebab kleptomania tidak sepenuhnya diketahui hingga kini. Salah satu penyebab potensialnya adalah ketidakseimbangan bahan kimia otak atau neurotransmitter yang terlibat dalam pengiriman pesan di otak, dan bahan kimia ini tidak seimbang, mungkin ada masalah dengan cara otak merespons dorongan.

Stres juga bisa menjadi salah satu penyebab potensial lain dari penyakit ini. Ketidakmampuan untuk mempertahankan dorongan dapat dipicu oleh peristiwa stres yang besar, atau oleh kombinasi dari stres yang lebih kecil.

Gejala seseorang mengidap Kleptomania

Gejala yang dialami pengidap mungkin termasuk Ketidakmampuan untuk menahan dorongan kuat untuk mencuri barang yang tidak dibutuhkan, merasakan peningkatan ketegangan, kecemasan, atau gairah yang mengarah pada pencurian, dan merasakan kesenangan, kelegaan atau kepuasan saat mencuri, merasa sangat bersalah, menyesal, membenci diri sendiri, malu atau takut ditangkap setelah pencurian dan kembalinya dorongan dan pengulangan siklus kleptomania.

BACA JUGA  Sering Dianggap Sepele, ini Kebiasaan Bisa Sebabkan Usus Buntu

Pengobatan untuk pengidap Kleptomania

Meskipun belum ada obat khusus untuk kleptomania, pengobatan bisa dilakukan dengan memberikan psikoterapi yang membantu mengatur siklus pencurian kompulsif. Atau Selanjutnya, mungkin akan membantu bagi orang tersebut untuk menghindari situasi yang dapat memicu keinginan untuk mencuri. Misalnya, toko atau tempat umum selama masa stres.

Jika tidak diobati, kleptomania dapat mengakibatkan masalah emosional, keluarga, pekerjaan, dan keuangan yang parah. Kleptomania bisa menyebabkan gangguan kontrol impuls lainnya seperti perjudian kompulsif, alkohol dan obat-obatan, gangguan gangguan, depresi, gangguan bipolar, hingga bunuh diri atau bunuh diri.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button