LIFESTYLE

Ini 5 Tanda Bayi Bahagia, Salah Satunya Punya Selera Humor

MAKLUMATNEWS.com – Dalam perkembangan bayi, Orang tua perlu mengetahui ada berbagai tanda perlu diketahui. Tanda yang perlu diketahui misalnya lelah, lapar hingga menunjukkan rasa tidak nyaman terhadap sesuatu. Selain itu, orang tua juga perlu mengetahui tanda-tanda bayi bahagia, dan bagaimana ia menunjukkannya sebagai orang tuanya. Karena bayi yang bahagia tidak selalu ditunjukkan dengan cara ia tersenyum dan tertawa.

Dikutip dari Parapuan.co, ini penjelasannya sesuai dengan usia bayi:

1. Usia 0-3 Bulan: Sudah Nyaman di Gendongan
Tanda bayi pada usia ini adalah saat ia sudah mampu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan ibu ketika membelinya. Bayi tidak lagi perlu melengkungkan punggungnya karena ia sudah merasa sangat nyaman. Bayi akan merasa senang sewaktu ibu menanggapi tangisannya, menyusuinya, mengganti popoknya, dan menidurkannya.

2. Usia 1-3 Bulan: Berbagi Senyum
Mengutip dari Bayi kompas.com, seorang dokter anak di California, Amerika Serikat, Carey Chronic menyebut bahwa bayi mulai tersenyum secara spontan di 4-10 minggu kehidupan. Sebelumnya, senyuman bayi bisa saja berasal dari kenyamanan internal, semisal baru buang gas atau refleks saja. Setelah itu bayi akan tersenyum sebagai respon dan reaksi langsung terhadap sesuatu yang dilakukan ibu atau orang lain Anda.

3. Usia 3-6 Bulan: Mulai Tertawa
Senyum si bayi akan berubah menjadi tawa nantinya, kemudian Bayi menandakan bahwa hubungan ibu dengannya semakin berkualitas. Bayi akan tertawa mendengar suara lucu, saat disentuh atau digelitik, dan diajak berbincang maupun bercanda. Tak jarang, permainan sederhana seperti cilukba pun dapat membuat bayi tertawa, yang juga menandakan kalau ia bahagia.

4. Usia 4-7 Bulan: Bayi Banyak Mengoceh
Selanjutnya, tanda bayi bahagia adalah ketika ia sudah banyak berceloteh dan bermain dengan suaranya sendiri. Ia senang mendengar suara apapun dari mulutnya, dan kerap menirukan bunyi-bunyian yang keluar dari mulut ibu atau orang tuanya. Tak jarang, oceannya bukan hanya semakin sering, tetapi nada suaranya pun akan semakin keras.

BACA JUGA  Program Beasiswa dari BCA Untuk Lulusan SMK dan SMA

5. Umur 12-18 Bulan: Bayi Mulai Punya Selera Humor
Sekitar usia 1 tahun, bayi yang bahagia akan mulai memahami dan memiliki selera humor. Di usia ini, jangan heran jika bayi mengajakmu bermain dengan meletakkan popok di kepala mereka atau bermain lempar dot. Mereka mungkin akan lucu dengan cara berbicara pada cangkir atau alat makannya.

Itulah tanda bayi yang bahagia sesuai dengan umur mereka. Selalu perhatikan perkembang si kecil ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button