SEHAT

Berikut 5 Jenis Buah Bisa Untuk Pelancar BAB

MAKLUMATNEWS.com –Buah termasuk asupan yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, buah mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Bahkan, beberapa buah digadang-gadang berpotensi sebagai pelancar buang air besar (BAB)

  1. Apel

Jika kamu mengalami susah BAB, buah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah apel. Kandungan serat utuh di dalam sebutir apel yang tanpa dikupas kulitnya adalah sekitar 5-6 gram. Sementara dengan kulit yang dikupas mencapai 3,3 gram.

  1. Jeruk

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? Di dalam satu buah jeruk terkandung 4 gram serat alami dengan 86 kalori. Kedua nilai gizi ini menjadikan jeruk layak untuk dikonsumsi ketika seseorang mengalami konstipasi atau sulit buang air besar.

  1. Pir dan Kiwi

Meskipun tidak sepopuler apel dan jeruk karena jarang ditemui di kios atau di pasar, kedua buah ini bisa menjadi pilihan ketika terjadi gangguan pada saluran cerna. Namun jangan khawatir, pir dan kiwi dan ditemui di toko buah segar atau supermarket. Sebuah pir mengandung 4,4 gram serat. Sedangkan, kiwi merupakan jenis buah yang tinggi serat dengan 5 gram serat alami, serta mengandung vitamin C.

  1. Plum

Buah lainnya yang mampu membantu proses BAB adalah plum. Dengan warna yang menarik serta rasa lezat, plum dipercaya mampu mengatasi konstipasi dengan kadar seratnya yang tinggi. Belum lagi, plum mengandung sorbitol yang berperan sebagai pencahar alami.

  1. Buah-buahan Kering

Tidak hanya itu, masih ada lagi buah-buahan selain pepaya yang efektif melancarkan BAB. Yakni buah kering seperti kurma, kismis, dan aprikot. Buah-buahan ini juga mengandung sejenis karbohidrat dengan struktur molekul menyerupai gula, sehingga mampu membuat kotoran (feses) bergerak di dalam usus dan mudah untuk dikeluarkan.

BACA JUGA  Buah Delima dan Khasiatnya Bagi Tubuh Kita

Sumber : halodoc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button