WANITA

Pilih Bahan Hijab Sesuai Bentuk Wajahmu, Ini Caranya!

MAKLUMATNEWS.com – Bagi hampir seluruh wanita, penampilan menjadi salah satu poin penting. Terutama bagi wanita yang menggunakan hijab, rasa percaya dirinya ada pada bentuk wajahnya agar ketika memakan hijab terlihat lebih menarik. Beraneka ragam motif, hingga macam bahan banyak tersedia di pasaran. Namun, bagi wanita pengguna hijab pun harus lebih pintar serta cerdas dalam memilah bahan agar lebih serasi dengan bentuk wajah.

Sebelumnya, ada 2 jenis hijab yang terkenal dan tidak asing lagi bagi wanita berhijab yaitu jenis segi 4 dan pashmina. Dua jenis hijab ini pun masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Misalnya, bagi pemilik bentuk wajah bulat cocok memakai bahan voal dengan jenis kerudung pashmina. Nah, karena itu penting sekali untuk memadu-padankan antara bahan dengan bentuk wajah. Mari kita bahas.

1. Wajah bentuk bulat
Hijab dengan memiliki karakteristik mudah dibentuk, tidak terlalu kaku, lembut dan tidak terlalu tebal cocok sekali untuk pemilik wajah bulat. Untuk wanita yang memiliki wajah bulat, jika ingin menggunakan pashmina ataupun hijab segi empat, bahan yang cocok adalah chiffon, ceruti (jenis babydoll) bahan ini adalah yang paling lemas dan mudah diatur.

Ada juga jenis bahan katun jepang dan katun yang dapat menyerap keringat serta sangat cocok dipakai bagi pemilik wajah bulat karena memiliki karakteristik mudah dibentuk. Namun kekurangan pada bahan ini adalah bahan yang tebal bisa menganggu sedikit pendengaranmu.

2. Wajah bentuk kotak
Hijab yang digunakan untuk pemilik wajah berbentuk kotak sebaiknya membentuk round shape. Ini berguna membuat efek wajah tirus dan mengurangi terlihatnya rahang yang menonjol. Kemudian pilihlah bahan hijab yang memiliki karakteristik lembut, bahannya jatuh dan tidak terlalu tebal.

BACA JUGA  Para Ibu Wajib Tahu, Manfaat Labu Kuning Untuk MPASI Si Kecil

Untuk jenis bahan pashmina yang cocok untuk bentuk wajah kotak adalah chiffon, ceruti (jenisbabydoll), voal dan diamond. Sedangkan jenis bahan segi 4 yang cocok untuk bentuk wajah kotak adalah paris, maxmara dan corn skin. Hindari penggunaan bahan rawis saudia dan katun karena jenis bahan ini termasuk yang memiliki karakteristik kaku.

3. Wajah bentuk tirus dan oval
Bagi pemilik wajah tirus dan oval disarankan untuk menggunakan model hijab tumpuk atau layering dengan catatan jangan berlebihan. Model ini bisa memberi kesan wajah terlihat semakin berisi.

Pilihlah bahan hijab terbaru yang memiliki karakteristik tebal, lembut, jatuh dan juga mudah dibentuk. Bahan pashmina yang cocok untuk tipe wajah ini adalah cashmir (bahan rajut), voal, katun jepang dan katun biasa. Katun, voal, silk satin, maxmara adalah pilihan bahan untuk jenis kerudung segi empat.

Pemilik wajah tirus ini bisa disebut sangat beruntung karena bahan jenis apapun cocok untuk digunakan. Tetapi hindari penggunaan bahan yang terlalu tipis seperti chiffon. Sekalipun ingin menggunakannya, kamu bisa menyiasatinya dengan memakai ciput agar terlihat lebih bervolume.

4. Wajah lonjong
Nyaman dipakai, mudah dibentuk, tidak kaku, tidak terlalu tebal, berbahan jatuh adalah karakteristik bahan yang cocok untuk yang memiliki bentuk wajah lonjong. Untuk bahan dengan jenis kerudung segi empat yang cocok yaitu corn skin dan paris.

Tapi ingat hindari penggunaan dengan bahan katun, karena dapat membuat bentuk wajah tidak proporsional. Lalu untuk bahan pashmina yang cocok adalah spandek, kamu bisa pakai dengan cara lilit. Contohnya bahan Chiffon, ceruti dan babydoll.

5. Bentuk triangle atau hati terbalik
Pemilik bentuk wajah triangle atau hati terbalik, kamu bisa memilih bahan hijab yang berkarakteristik tebal tetapi tidak kaku. Seperti katun jepang, voal, cashmir, ceruti dan diamond adalah pilihan jenis bahan yang tepat untuk pashmina. Tidak terlalu jauh, bahan yang cocok untuk jenis segi empat yaitu voal, silk satin, maxamara dan rawis saudia. Hindari jenis bahan organza karena akan membuat rahangmu terkesan lebih menonjol.

BACA JUGA  Ini Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Bikin Susah Hamil

Pakailah hijab dengan bahan yang cocok untuk wajah kamu. Dengan begitu, kamu semakin percaya diri dengan penampilanmu setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button