LIFESTYLE

Empat Cara Efektif Merebus Air Super Cepat

MAKLUMATNEWS.com – Sebelum memasak sayur atau mi, biasanya kita perlu merebus air. Tetapi, menunggu air cepat masak cukup memakan waktu, meskipun tidak terlalu banyak. Ada beberapa mitos, dalam memasak air agar cepat mendidih, bisa menambahkan garam dan air dingin akan lebih cepat panas. Jika kamu sering melakukan itu, hentikan dari sekarang. Mengutip dari kompas.com, ada empat cara efektif untuk membuat air mendidih lebih cepat yaitu :

1. Tutup panci

Untuk merebus air, selalu tutup panci di atas kompor menyala dengan penutupnya maka air akan lebih cepat mendidih daripada terus membiarkannya terbuka.

  1. Pakai panci yang lebih lebar

Semakin luas permukaan panci atau wajan lebar, semakin membuat lebih banyak air terpapar ke bagian panci yang paling panas, yaitu bagian bawah. Merebus air dengan panci yang lebar biasa untuk merebus sayuran tipis seperti kacang hijau, bisa diratakan dalam panci namun tidak cocok untuk sayur kubis.

  1. Gunakan lebih sedikit air

Tidak semua masakan membutuhkan air sampai satu galon, untuk itu rebus air secukupnya. Selain itu ketika merebus sayuran, pastikan selalu mengaduk air agar makanan tetap bersirkulasi.

  1. Gunakan ketel listrik

Menggunakan ketel listrik tentu akan mempercepat proses perebusan. Merebus air dalam ketel listrik sebelum menuangkannya dalam panci sampai mendidih.  Mungkin terlihat rumit tetapi ini adalah cara untuk menghemat waktu yang tepat.

Jadi, lakukan 4 hal ini saat kamu harus merebus air lebih cepat ya!

BACA JUGA  Lirik Lagu 'Kaos Lampu' yang Pernah Dipopulerkan Almarhum Sahilin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button