LIFESTYLE

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Rambut

MAKLUMATNEWS.com — Mendapatkan rambut hitam yang lebat dan mengkilap bisa melalui berbagai cara. Salah satunya, dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut. Minyak kelapa diyakini memiliki sejumlah manfaat bagi rambut. Tidak hanya membuat rambut jadi lebih mengkilap, penggunaan minyak kelapa ini dapat membantu memperbaiki rambut rusak.

Tak heran jika banyak produk perawatan rambut yang juga menggunakan minyak kelapa sebagai bahan utamanya.  Untuk itu  berikut beberapa manfaat minyak kelapa bagi kesehatan rambut  sebagaimana dilansir dari  cnnindonesia :

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Minyak kelapa memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Sebab, di dalam minyak kelapa mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala serta membantu merangsang pertumbuhannya.

Asam lemak ini memiliki peran dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegahnya dari kerontokan.

Sebuah jurnal penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung pertumbuhan folikel rambut baru.

2. Membuat rambut berkilau
Selain dapat merangsang pertumbuhan rambut, kandungan asam lemak pada minyak kelapa telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk membuat rambut tampak berkilau.

Minyak kelapa yang telah dioleskan ke rambut mampu melapisi dan menembus batang rambut serta menjaganya agar tetap lembap. Dengan begitu, rambut jadi tampak lebih sehat dan berkilau.

3. Mengurangi ketombe

Melansir laman Healthline, keberadaan ketombe dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebih pada kulit kepala. Dalam hal ini, kandungan antimikroba pada minyak kelapa dipercaya dapat membunuh jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Di samping itu, asam laurat pada minyak kelapa juga dapat membantu mengendalikan produksi sebum yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe.

4. Mencegah kerusakan rambut
Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rambut. Kerusakan pada rambut ini dapat berupa rambut kusut dan juga munculnya rambut bercabang.

Berbeda dari kebanyakan minyak pada umumnya, minyak kelapa sangat mudah diserap oleh rambut. Dengan demikian kelembaban pada rambut dapat selalu terjaga dan membuatnya terhindar dari pembentukan rambut bercabang.

5. Menutrisi rambut
Minyak kelapa merupakan sumber vitamin E, asam lemak esensial, lemak jenuh, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut.

Kandungan yang terdapat pada minyak kelapa ini membantu rambut agar mendapatkan nutrisi yang baik dan sehat. Selain itu minyak kelapa juga mampu melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

6. Melembapkan rambut

Asam laurat pada minyak kelapa dipercaya dapat dengan mudah menembus batang rambut. Dengan begitu, kelembapan pada rambut dapat selalu terjaga serta dapat melindunginya dari panas dan kerusakan akibat sinar matahari.

Demikian manfaat minyak kelapa untuk rambut untuk diketahui. Meski tergolong aman, sebaiknya tidak menggunakan minyak kelapa terlalu banyak sekaligus agar tidak menyebabkan penumpukan minyak pada rambut dan kulit kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button