NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 66, Kalau Mereka Sungguh-Sungguh Melaksanakan Syariat Allah, Niscaya Memperoleh Nikmat yang Beragam

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 66 berbunyi :

{ وَلَوۡ أَنَّهُمۡ أَقَامُوا۟ ٱلتَّوۡرَىٰةَ وَٱلۡإِنجِیلَ وَمَاۤ أُنزِلَ إِلَیۡهِم مِّن رَّبِّهِمۡ لَأَكَلُوا۟ مِن فَوۡقِهِمۡ وَمِن تَحۡتِ أَرۡجُلِهِمۚ مِّنۡهُمۡ أُمَّةࣱ مُّقۡتَصِدَةࣱۖ وَكَثِیرࣱ مِّنۡهُمۡ سَاۤءَ مَا یَعۡمَلُونَ }

Artinya :

Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat, Injil dan (Alqurān) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscara mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka. Di antara mereka ada sekelompok yang jujur dan taat. Dan banyak di antara mereka sangat buruk apa yang mereka kerjakan.

Pada ayat ini Allah menegaskan jikalaulah mereka sungguh-sungguh melaksanakan hukum yang ada di dalam kitab Taurat, Injil, demikian juga Alquran yang diturunkan kepadamu wahai Muhammad, maka niscaya mereka akan memperoleh nikmat-nikmat dari Allah Swt yang datang dari berbagai arah.

Nikmat-nikmat tersebut akan datang dari atas dan bawah mereka, baik dengan jalan yang normal yaitu Allah menurunkan hujan lalu tumbuhlah berbagai ragam tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan, dan boleh jadi juga dengan cara yang Allah kehendaki lainnya.

Di antara mereka ahlul kitab itu ada hamba-hamba yang taat dan patuh terhadap syariat Allah Swt, namun mayoritas mereka buruk sifatnya, dan tersesat arah langkahnya.

Wallahu A’lam
Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al A'raf Ayat 86   Seruan Nabi Syu'aib kepada Kabilah Madyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button