PALEMBANGPERISTIWA

Tongkang Batu Split Tabrak Dermaga, Perda Sungai Musi Masih Digodok

MAKLUMATNEWS.com,Palembang,–Tongkang muatan batu split hilang kendali dan menabrak Dermaga Dishub bahkan beberapa Ketek yang sedang bersandar di tepian Sungai Musi, Kamis sore (25/8/2022).

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Aprizal Hasyim. Tongkang dengan muatan sangat berat yakni batu split hilang kendali hingga menabrak Dermaga.

“Bukan tongkang batubara tapi tongkang isi batu split, pemilik tongkang sudah bertanggungjawab dengan dilakukan mediasi oleh pihak Pelindo,” kata Aprizal.

Insiden di Sungai Musi kerap kali terjadi mulai dari tongkang batubara menabrak tiang Jembatan Ampera hingga yang terbaru ini menabrak dermaga.

Sebelumnya Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, kapal tongkang pengangkut batubara dan angkutan berat lainnya sejauh ini setiap hari berlalu lintas di Sungai Musi.

“Kita sekarang sedang menggodok dengan dewan soal perda lalulintas Sungai Musi,” katanya.

Harnojoyo mengatakan, dengan Perda ini, perusahaan besar yang berlalulintas di Sungai Musi diharuskan membayar retribusi. Dengan retribusi ini kapal tongkang muatan batubara dan lainnya bakal mendapat fasilitas baru, diantaranya pengawalan demi keselamatan.

“Pemkot juga berencana memasang rambu-rambu di sepanjang Sungai Musi dan pemasangan lampu penerangan di bawah Jembatan Ampera, dan lainnya,” katanya.

Reporter : Pitria

BACA JUGA  YMDD dan MAPS Grup Bagi THR Anak Yatim dan Dhuafa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button