SUMSEL

Gubernur Sumsel Herman Deru Sukses Bangun Infrastruktur  Eks Transmigrasi  

MAKLUMATNEWS.com — Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru yang juga bertindak sebagai Ketua Dewan Pembina Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera (Pujasuma)  melantik Ketua dan pengurus Pujasuma Sumsel Periode 2022-2027 bertempt  Griya Agung, Sabtu, 27 Agustus 2022 malam.

Dalam pelantikan kepengurusan Pujasuma  yang  Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi tersebut  Gubernur Herman Deru menerima  penghargaan dari Wali Pusat Pujasuma atas jasa-jasanya dalam membangun infrastruktur di kawasan terisolir  atau wilayah eks transmigrasi serta komitmennya dalam membangun SDM warga Pujasuma.

Dalam arahannya Gubernur Herman Deru menyebut, Pujasama bukan  organisasi yang asing bagi warga  Sumsel bahkan dari berbagai strata dan profesi masyarakat sudah sangat  akrab akan keberadaan  Pujasuma.

Ia mengakui selama tiga periode kepemimpinan Ketua Pujasuma Sumsel sebelumnya, Pujasuma Sumsel telah banyak memberikan andil dalam menumbuhkan ekonomi Sumsel karena kondusivitas wilayah terjaga  dengan baik dari perpecahan dan gesekan baik antar suku, budaya atau etnis.

“Provinsi Sumsel ini masyarakatnya heterogen,  banyak suku, budaya dan etnis akan tetapi tetap  kondusif, kepada Pujasuma marilah kita jaga kepercayaan ini dengan membuat suasana yang sudah kondusif terus berlanjut,” harapnya.

Dihadapan kepengurusan Pujasuma Sumsel ini, Herman Deru mengajak Pujasuma untuk mendukung dan menyukseskan   Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). Bahkan dia menilai suksesnya program GSMP ini juga ada peran dari warga Pujasuma yang terus produktif dalam meningkatkan produk pertanian dengan memenfaatkan lahan yang ada disekitar rumah atau pemukiman agar lebih bermanfaat.

“GSMP  sudah terbukti menurunkan angka kemiskinan.  Mayoritas petani memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan dan ekonomi yang semakin tumbuh. Saya ingin Ketua Pujasuma  terus menyebarluaskan GSMP ini ke anggota  Pujasuma yang ada di desa-desa,” imbuhnya.

Herman Deru juga mengingatkan  para pengurus yang sudah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan  amanah  dan  penuh tanggung jawab.

“Kita tahu  kepengurusan lama sudah sangat sukses, maka di periode ketiga ini lebih  sukses lagi  utamanya dalam menjaga persatuan dan kerukunan.  Sebab tanpa kerukunan kita tidak bisa membangun,” pungkasnya.

Sementara itu,  Ketua Pengurus Pujasuma Provinsi Sumsel Dr.H.Much Baryadi, S.E., M.M, berjanji  akan  melanjutkan  memimpin Pujasuma  sebelumnya. Bahkan  kedepan Ia optimis Pujasuma akan menjadi  organisasi yang jauh  lebih baik.

“Kita akan membangkitkan  ekonomi kreatif. Puguyuban ini  penuh dengan nilai kegotong-royongan. Mulai besok kita  segera kerja, kemandirian ekonomi. Untuk di pedesaan kita akan bantu bibit tanaman berup benih  sayuran sebagai bentuk dukungan Pujasuma dalam mensukseskan program GSMP pak Gubernur,” tandasnya. (*)

Editor : Aspani Yasland

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button