LIFESTYLE

5 Manfaat Saat Kamu Mampu Mengendalikan Emosi Agar Hidup Bahagia dan Damai

Belajar sabar dan ikhlas yuk !

MAKLUMATNEWS.com – Tidak ada satu manusiapun yang luput dari masalah. Hanya saja tiap orang memiliki masalah dengan kondisi yang berbeda. Walaupun begitu, untuk menghadapi permasalahan hidup tentunya gak semudah membalikan telapak tangan. Akan ada berbagai macam emosi yang akan kamu rasakan seperti rasa marah, kecewa dan berontak. Satu hal yang bisa kamu lakukan agar tetap bertahan yakni dengan memupuk kesabaran dalam diri sendiri.

Tapi sayangnya, kamu akan menjalani kesabaran yang terbilang cukup sulit. Kamu harus mampu mengendalikan emosi dan berjiwa ikhlas. Jika kamu sanggup menjalani itu, percaya deh hidup kamu akan terasa lebih bahagia.
Tapi kamu jangan khawatir, mengutip dari Idntimes.com, ada lima manfaat yang akan kamu rasakan ketika kamu sudah bisa mengontrol emosimu sendiri.

1. Terhindar dari mengambil keputusan yang tidak tepat

Sesulit apapun kamu bersabar itu jauh lebih baik dibandingkan kamu bersikap tergesa-gesa atau gegabah. Karena justru dua hal itu lah yang bisa membuatmu terjebak dalam langkah yang salah.

Tetapi, jika kamu sanggup menahan diri maka kamu akan memiliki kesempatan untuk berpikir lebih matang atau meminta masukan pada orang lain. Dengan begitu, keputusan yang kamu ambil bisa lebih tepat dan tidak menyesal di kemudian hari.

2. Bisa berpikir lebih jernih untuk menyelesaikan sebuah masalah

Ketiak sebuah masalah datang mendadak ke hidupmu, terkadang bisa membuatmu panik dan resah. Dengan kamu bersikap terlalu responsif seperti marah-marah yang memberikan efek memperkeruh suasana.
Coba deh sesekali kamu kontrol emosimu. Berusahalah untuk menenangkan diri. Setidaknya dengan kamu bersabar dan ikhlas menjalaninya, keadaan bisa mejadi lebih kondusif dan adem. Dengan begitu, kamu pun juga dapat berpikir lebih jernih tanpa harus marah-marah lagi hehe.

3. Menjaga hatimu dari risiko stres serta bikin tubuhmu lebih sehat

Salah satu pemicu stress yang harus kamu hindari adalah marah, ngambek, dan cemas. Coba deh sebisa mungkin, latilah dirimu agar dapat menjadi pribadi yang penyabar dan mengontrol emosi kamu secara perlahan.
Karena sabar itu tak hanya memberikan manfaat pada kesehatan mentalmu. Tapi juga menghindarkanmu dari penyakit degeneratif, seperti hipertensi dan gangguan jantung.

Dijelaskan dalam studi yang dilakukan oleh Laura Kubzansky dari Havard School of Public Health mengungkapkan jika kondisi emosi dan stres bisa mempengaruhi lonjakan hormon kortisol dalam tubuh, yang mana efeknya bisa membuat pembuluh darah jadi semakin kencang, tekanan darah naik dan detak jantung semakin cepat. Kondisi inilah yang kemudian meningkatkan risiko penyakit degeneratif. Semakin kamu sabar, semakin kesehatan mental dan tubuhmu menjadi sehat.

4. Membuatmu lebih bersyukur agar hidup terasa damai

Sabar memiliki kaitan erat dengan rasa syukur. Ketika kamu sanggup mengontrol emosi, bersabar dan ikhlas menerima keadaan, maka hatimu pun akan lebih mudah bersyukur.

Kamu akan menyadari bahwa sejatinya hidup ini gak akan lepas dari cobaan. Dan untuk melewatinya, kamu tidak hanya berusaha tapi juga perlu belajar bersabar.

Kamu tidak perlu marah atau iri dengan kehidupan orang lain. Bersikap legowo akan membuat hatimu terasa lebih damai serta bahagia.

5. Selalu percaya, sabar dan ikhlas tak akan berakhir sia-sia

Hal yang perlu kamu yakini dalam hidupmu bahwa buah dari kesabaran dan ikhlas itu selalu berakhir indah. Sebab Tuhan telah menjanjikan kebahagiaan bagi mereka yang sanggup bersabar, yakni orang-orang yang mampu menahan amarahnya. Selalu ingat bahwa sabar itu tak memiliki batasan. Meski tampak sulit, sebenarnya kesabaran bisa mendatangkan nikmat tersendiri.

BACA JUGA  Bersiaplah, Sedikit Hari Lagi Seleksi CPNS 2023 Diumumkan, Ada Jalur Khusus, Mau Coba? 

Setelah mengetahui lima manfaat dalam mengontrol emosi kamu, semoga ini bisa membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih penyabar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button