SUMSEL

Hadiri Pengajian FORSAP Sungai Rotan, Herman Deru Salurkan Bantuan Program GSMP

MAKLUMATNEWS.com — Dalam rangkaian lawatannya ke Kabupaten Muara Enim, Ahad siang, 28 Agustus 2022, Gubernur Sumsel H Herman Deru berkesempatan menghadiri  pengajian Forum Silaturahim Antar Pengajian (FORSAP)  yang dipusatkan di Desa Sungai Rotan, Kecamatan Sungai Rotan, Muara Enim.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Herman Deru kembali mengajak ibu-ibu pengajian yang tergabung dalam FORSAP untuk produktif dengan aktivitas bercocok tanam dilahan kosong pekarangan rumah. Upaya ini dinilai Herman Deru sangat efektif dalam pemenuhan kebutuhan dapur rumah tangga dan sejalan dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang telah didengungkan selama ini.

“Saya datang ke Sungai Rotan tidak lain mempererat   bersilaturahmi. Dan sekaligus  mengajak masyarakat disini untuk turut mensukseskan  Gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Saya minta agar program juga diterapkan  di desa ini,” kata Herman Deru mengawali sambutannya.

Ditegaskan Herman Deru,  peran aktif  kalangan  ibu rumah tangga akan sangat sangat bepengaruh terhadap  kesuksesan GSMP. Karena itu dia mengajak berbagai pemangku kepentingan untuk lebih masif mengajak warga  untuk kembali  menjadi produsen dan tidak  lagi sebagai konsumen.

“Saya yakin GSMP ini akan berjalan dengan baik karena ada peran ibu-ibu. Dari sekarang  terapkan mulai dari rumah kita masing-masing,” ucap Herman Deru.

Pemprov Sumsel melalui  Dinas Pertanian lanjut dia,  akan menyalurkan bibit tanaman, bumbu dapur untuk warga Desa Sungai Rotan.

“Melalui Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten akan menyalurkan bibit cabai maupun bumbu-bumbu dapur lainnya. Kita juga akan bantu Polybag, bibit ikan untuk dipelihara  lengkap dengan  drum-drum bekas yang hasilnya nanti bisa dikonsumsi sendiri,” ujarnya.

Lebih jauh gubernur mengatakan, GSMP menjadi salah satu upaya Pemprov Sumsel dalam  menurunkan  kemiskinan dan kasus stunting pada anak akibat kurangnya asupan gizi pada ibu dan anak.

BACA JUGA  Asisten II Setda Pemprov Darma Budhi Minta OPD Terus Lakukan Percepatan Program Kerja dan Upayakan Banyak Inovasi

“Program dimaksudkan agar kita menjadi  produsen.  Menekan biaya   melalui  terpenuhinya asupan gizi maka  angka stunting dan kemiskinan bisa diatasi, ” tuturnya.

Herman Deru berharap para anggota FORSAP menjadi para ibu-ibu mandiri yang dapat menghasilkan produk dengan dibuat secara berkelompok yang hasilnya dapat diperjual kepasaran. Demi mewujudkan hal tersebut, Herman Deru mengaku siap  membantu.

“Saya mengharapkan anggota FORSAP ini menjadi para ibu-ibu yang mandiri.  Artinya setiap  anggota  membuat produk unggulan misalnya hijab atau kerajinan lainnya yang hasilnya dapat dijual,” tandasnya.

Kehadiran orang nomor satu di Sumsel di Sungai Rotan kali in disambut  meriah oleh warga.   Bahkan  Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI)  Sumsel Hj  Samantha Tivani HD yang  turut mendampingi Gubernur Sumsel berkesempatann menyerahkan bantuan ke  FORSAP di 19 Desa se-Kecamatan Sungai Rotan.

Turut hadir Camat Sungai Rotan, Abdul Haris, Kades Sungai Rotan Ahmad Syazili dan tokoh masyarakat Sungai Rotan lainnya.(*)

Editor : Aspani Yasland

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button