PALEMBANG

Pemkot Palembang Mengklaim, Program Gotong Royong Hemat Anggaran Rp17 Miliar

MAKLUMATNEWS.com,Palembang,–Pemerintah Kota Palembang mengklaim kegiatan gotong royong setiap hari Minggu mampu menghemat anggaran normalisasi sungai lebih dari Rp17 miliar.

Sebab, untuk membersihkan anak sungai jika tanpa gotongroyong membutuhkan dana sampai ratusan juta dalam satu kegiatan.

Namun dengan gotong royong bersama masyarakat dan seluruh instansi terkait di kecamatan dapat menghemat anggaran.

“Sehingga mulai pekan ini, ASN diwajibkan hadir melakukan gotongroyong ke titik-titik yang sudah ditentukan,” kata Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa, usai mengevaluasi kegiatan gotongroyong, Senin (28/8/2022).

Akan ada sanksi bagi ASN yang tidak hadir dalam kegiatan gotongroyong ini. Mulai dari sanksi ringan sampai berat. Karena ini merupakan program unggulan Walikota Palembang Harnojoyo.

“Karena mampu mengefisiensi anggaran sampai lebih dari Rp17 miliar, maka seharusnya ASN bisa mendukung kegiatan ini. Karena sejauh ini masih banyak ASN yang tidak ikut gotongroyong,” katanya.

Sebelumnya Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, selain mengembalikan aliran anak sungai, gotong royong juga mengembalikan fungsinya sebagai area serapan air yang bisa mengurasi titik banjir.

“Banyak sampah yang ditemukan di anak sungai, mulai dari sampah rumah plastik sampai pernah kita temukan kasur, tv rusak dan sampah besar lainnya yang menyumbat aliran air,” katanya.

Bahkan, sebelum penjajahan Belanda, terdapat 337 anak Sungai Musi di Palembang. Sejak Indonesia merdeka hingga sekarang jumlah anak sungai menurun menjadi 97 aliran anak sungai.

“Bayangkan sudah berapa ratus yang hilang? banyak sungai itu hilang karena dibangun tembok, dan lainnya. Tapi setelah kami melakukan gotong royong, beberapa anak sungai yang hilang bisa berfungsi lagi,” katanya.

Reporter : Pitria

BACA JUGA  Jaga Kestabilan Harga Pangan, Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Sumsel Gelar Rapat Koordinasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button