PALEMBANG

Sumsel Tuan Rumah Peserta Seleksi Pemagangan ke Jepang Pertama Nasional

283 Orang Dari Berbagai Provinsi Kumpul di Jakabaring

MAKLUMATNEWS.com, Palembang.–Seleksi Nasional Pertama Pemagangan ke Jepang di Sumatera diikuti sebanyak 283 orang dari berbagai provinsi diantaranya Kalimantan Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Begkulu, Jawa Timur dan Sumatera Barat bertempat di GOR Dempo Jakabaring, Senin (29/8/2022).

Wakil Gubernur Sumsel, H. Mawardi Yahya mengatakan, program pemagangan yang dilaksanakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Ketenagakerjaan Internasional membuka peluang emas bagi para tenaga kerja muda di Sumsel.

“Tujuan penyelenggaraan pemagangan ke Jepang ini juga dipercaya akan memberikan keterampilan dan pengalaman bagi calon peserta magang untuk bekerja sesuai dengan kompetensinya setelah melakukan magang selama 5 tahun,” ujarnya.

Mawardi berharap, para calon peserta dapat mengikuti seleksi dengan baik dan menerapkan kedisiplinan selama menjalankan tes.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Pengusaha Keshusei Indonesia (IKAPEKSI) Edi Waryono menuturkan, para peserta calon pemagang di Jepang tahun 2022 akan mengikuti seleksi Daerah di Palembang dan Nasional di Bekasi masing-masing 2 bulan seleksi.

Di tempat yang sama Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IKAPEKSI Sumsel, Heriyadi Sajaen SE mengatakan, IKAPEKSI merupakan lembaga independent yang menjadi wadah untuk menaungi dan memfasilitasi dalam membantu Pemerintah Jepang dan Indonesia untuk Pemagangan ke Jepang.

“Wadah yang sifatnya sosial, memfasilitasi agar adik-adik di Indonesia khususnya Sumsel bisa mengikuti pemagangan ke Jepang,” ucapnya.

Heriyadi mengungkapkan, pihaknya membina dalam waktu enam bulan dan hari ini digelar seleksi nasional yang sebelumnya peserta telah diberi pelatihan dengan ketentuan minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 26 tahun lulusan SMA, SMK, D3 dan Sarjana

“Syarat kualifikasi peserta berdasarkan sertifikat teknik dan kualifikasi keterampilan masing-masing,” tandasnya.

Reporter : Yanti

BACA JUGA  Siap-siap, 300 Ribu Warga Palembang Dapat Bantuan Beras 10 Kg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button