OKU SELATANPENDIDIKAN

Cegah Perundungan di Lingkungan Sekolah, MTsN 1 OKUS Gelar Sosialisasi Stop Bullying

MAKLUMATNEWS.com, OKUS – Bertempat di MTsN 1 Ogan Komering Ulus Selatan (OKUS) Guru Bimbingan Konseling berikan sosialisasi seputar masalah perundungan kepada para siswa dan para siswi MTsN 1 OKUS, Selasa (30/8/2022).

Yudi Prihantoro S.Pd salah seorang tenaga pengajar menyampaikan bahwa kasus perundungan ini tak hanya sebatas menilik pelaku dan korban perundungan saja, tapi dampak psikologis berupa trauma yang bahkan bisa berdampak jangka panjang.

” Perundungan tak hanya persoalan kekerasan fisik sebagaimana anggapan siswa selama ini. Tapi perundungan bisa juga terjadi secara verbal bahkan elektronik. Untuk menindak agar tidak terjadi kasus perundungan di madrasah inilah, kita berikan sosialisasi kepada seluruh siswa” Ujarnya.

Menurut Yudi,  perlu adanya upaya untuk mewujudkan madrasyah yang ramah anak, dengan memastikan setiap siswa merasa aman, nyaman, serta tidak menjadi pelaku ataupun korban dari perundungan, oleh sebab itu,  Guru Bimbingan Konseling memberikan sosialisasi seputar masalah perundungan,dampak,serta upaya pencegahannya.

” Merebaknya kasus bully dewasa ini menjadi salah satu motivasi bagi MTsN 1 OKU Selatan sedari dini untuk mencegah munculnya kasus perundungan dikalangan siswa,” tuturnya.

Selain itu kata Yudi,  pergaulan di kalangan remaja pun punya peluang besar untuk memunculkan perundungan.

” Mulanya memang dimulai dari sekadar bercanda saja. Tapi jika dibiarkan, bahan bercandaan yang terus menerus hingga membuat pihak tertentu merasa tidak nyaman, sakit hati dan merasa terintimidasi, sudah merupakan jenis perundungan,” katanya menjelaskan.

Efek buruk yang akan timbul, lanjutnya tidak hanya berdampak pada korban dan terganggunya hasil belajar siswa. Akan tetapi juga dapat merusak citra sekolah.

” Hal inilah yang kita cegah dan antisipasi sedari dini dengan memberikan sosialisasi ini “ucapnya.

BACA JUGA  UIN RF Palembang Gelar Pameran Fotografi di BKB, Ini Tujuannya..! 

Reporter : Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button