MUSI RAWAS

Posko Pengaduan Dibuka, Bawaslu Mura Terima 10 Laporan

MAKLUMATNEWS.com, MUSI RAWAS-Sejak dibuka 15/8/2022) lalu posko pengaduan Bawaslu Musi Rawas (Mura) sudah menerima 10 laporan dari masyarakat yang namanya masuk dalam Sistem Informasi Parpol (Sipol) partai politik calon peserta pemilu 2024 mendatang. Mirisnya lagi dari jumlah tersebut ada nama Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang terdapat didalamnya.

Padahal masyarakat dan PPPK tidak pernah tercatat apalagi masuk parpol calon peserta pemilu 2024.

Devisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (Parmas Hubal), Bawaslu Mura, Hermansyah didampingi Staf Pelaksana Teknis, Ardi Sudrajat mengatakan, posko pengaduan dibuka untuk memfasilitasi masyarakat melakukan pengaduan.

Sampai saat ini sudah ada 10 nama yang mengadu. Rincinya sembilan warga sipil dan satu orang dari PPPK. Dalam uraian pengaduan, pelapor menyatakan tidak pernah ikut keanggotaan parpol manapun.

“Para pengadu sudah menyertakan surat pernyataan yang pada intinya bahwa mereka bukan anggota parpol atas hasil aduan pada posko Bawaslu Mura, disertakan dengan bukti pengecekan melalui website KPU : https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik, ” katanya kepada awak media, Rabu (31/8/2022).

Dia mengatakan, tindak lanjut atas pengaduan tersebut memang berada pada ranah KPU Mura, kami akan menyerahkan berkas pengaduan yang sudah ada tersebut kepada KPU pada 3 September mendatang dan apabila ada berkas pengaduan susulan kami akan menyerahkan kembali berkas pengaduan tersebut.

“Setelah berkas pengaduan diserahkan kepada pihak KPU. Kami menunggu jawaban dari KPU atas tindak lanjut pengaduan masyarakat tersebut. Harapannya bisa ditindaklanjuti karena memang ada aduan;” paparnya.

Lebih lanjut Hermansyah mengatakan bahwa pihak bawaslu telah memberikan surat edaran himbauan kepada KPU, TNI/Polri (Polres Dan Dandin 0604) serta Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

BACA JUGA  SP 2 Desa Sumber Sari Nibung Raih Juara 1 Lomba Desa dan BBGRM

Sudah ada fitur khusus di website KPU untuk mengecek keanggotaan partai politik. Ayo pastikan bapak ibu terdaftar atau tidak dalam keanggotaan partai politik. Kunjungi website KPU: https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik.

Reporter : Wan Asri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button