LIFESTYLE

Cara Memperbanyak Air Ketuban yang Perlu Diketahui Bumil

MAKLUMATNEWS.com – Kalau yang pernah Mama baca dari laman Mayo Clinic, air ketuban merupakan cairan yang mengelilingi bayi saat mereka tumbuh di dalam rahim. Dengan kata lain cairan ketuban ini berfungsi “menyelimuti” serta melindungi janin dalam kandungan.

Volume air ketuban yang aman buat janin yakni yang tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak juga. Kekurangan cairan ketuban sebenarnya bisa saja terjadi pada saat kehamilan, begitu juga sebaliknya, Ma.

Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan  untuk memperbanyak cairan ketuban, Simak penjelasannya

Dilansir dari kumparan.com. Menurut laman FirstCry Parenting, umumnya indeks cairan ketuban ada di angka 8-18 pada kehamilan normal. Sementara itu, jika indeks cairan ketuban Mama-Mama kurang dari 5-6, bisa dikatakan kalau cairan ketubanmu rendah.

Kondisi air ketuban yang jumlahnya rendah ini disebut juga dengan oligohidramnion. Beberapa hal yang bisa menyebabkan oligohidramnion antara lain, produksi air ketuban yang berkurang, terjadinya sumbatan, urine yang tak mampu bekerja dengan baik, hingga ada indikasi ketuban pecah lebih awal.

Mama-Mama masih bisa kok mengupayakan beberapa hal untuk memperbanyak air ketuban, antara lain:

  1. Lebih Banyak Mengonsumsi Air Putih

Sebuah studi dari National Center for Biotechnology Information menyatakan, mengonsumsi lebih banyak cairan dapat membantu meningkatkan volume air ketuban pada wanita di usia kehamilan 37-41 minggu.

Selain itu, lebih banyak mengonsumsi air putih juga sangat baik untuk kesehatan Mama-Mama dan janin. Jangan lupa untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari ya, Ma!

  1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga penting dilakukan salah satunya guna memperbanyak air ketuban. Setelah tadi lebih banyak mengonsumsi air putih, membiasakan diri mengonsumsi makanan bergizi seperti memperbanyak makan buah dan sayur juga sangat baik buat ibu hamil.

BACA JUGA  PT BRIKS Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Sekretaris dan Cleaning Service

Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran seperti jeruk, semangka, melon, apel, timun, bayam, kembang kol, dan yang lainnya.

  1. Olahraga Teratur

Selanjutnya cara memperbanyak air ketuban dengan alami adalah melakukan olahraga yang teratur. Enggak perlu olahraga yang berat Ma, cukup melakukan olahraga ringan seperti yoga untuk ibu hamil atau sekadar berjalan kaki keliling kompleks.

Melakukan olahraga secara teratur ini bisa membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Apabila aliran darah meningkat di plasenta dan rahim, otomatis volume cairan tubuh juga akan meningkat.

  1. Menggunakan Cairan Saline

Cairan saline atau larutan air asin dikenal juga dengan nama amnioinfusion. Dilansir laman resmi National Center for Biotechnology Information, amnioinfusion merupakan cara yang efektif yang bisa dilakukan untuk memperbanyak air ketuban ketika volume cairan ketuban rendah.

Akan tetapi, kamu perlu berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan atau bidan ya kalau ingin memperbanyak air ketuban dengan metode ini. Soalnya cairan saline bekerja dengan cara melalui serviks lalu masuk ke dalam kantung ketuban.

  1. Jangan Mengonsumsi Alkohol dan Rokok

Alkohol dan rokok itu ibaratnya menjadi musuh yang perlu dijauhi oleh ibu hamil ya, Ma. Selain tidak baik untuk kesehatanmu dan janin, mengonsumsi alkohol dan rokok juga dapat menyebabkan dehidrasi dalam tubuh Mama-Mama dan menurunkan volume cairan ketuban.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button