MUSI RAWAS

Komitmen Smart City Di Tanda Tangani

MAKLUMATNEWS.com, MUSI RAWAS-Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud membuka bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan master plan smart city tahun 2022. Dan penandatangan komitmen Master Plan Smart City di Kabupaten Mura.

Kegiatan bimtek penyusunan master plan smart city dilaksanakan di ballroom Hotel Smart, Senin (12/9/2022).

Perwakilan dari Kementrian komimfo pusat, Acu Viarta Kartabi, mengatakan kesepakatan yang sudah ditandatangani untuk mendorong program smart city.
Smart city merupakan program komimfo bersinergi dengan Pemkab se Indonesia, terkhusus Kabupaten Mura.

Dalam merumuskan program kegiatan yang sudah disusun oleh pemerintah Kabupaten Mura yang berkaitan dengan program yang sudah ada.
Pertama adalah perbaikan inovasi dan lompatan dari sisi governance klasifikasikan beberapa OPD masuk pada kelompok governance.

Misalkan seperti ada bagian tata pemerintahan dan sebagainya yang menyangkut dengan regulasi kebijakan-kebijakan pemerintah, dan tentu sangat dinamis.

Oleh karena itu kami mencoba mencermati agar program-program yang sudah disusun berkaitan dengan itu bisa kita percepat supaya bisa kita realisasi.

Kemudian kami juga mendorong dari sisi Smart ekonomi, Smart ekonomi bertumpu pada perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat termasuk perkembangan lapangan usaha di Kabupaten Mura.

“Kami mengumpulkan sejumlah OPD apabila sudah berlangsung tiga kali. Kami mengumpulkan program-program yang ada di dinas kemudian dinas koperasi bagian ekonomi dan sebagainya yang masuk pada kelompok Smart ekonomi kami juga mengumpulkan dari smart lingkungan,”jelasnya .

Masih katanya bagaimana dengan tata kelola lingkungan. Mengenai ini kami juga dari Smart society. Bagaimana masyarakatnya di situ ada dinas perumahan dan dinas terkait dengan pengembangan dari sisi kehidupan masyarakat yang ada di Kabupaten Mura.

Dijelaskannya dalam perjalanannya kami bersama seluruh pimpinan dan staf opd sudah merumuskan paling tidak ada program perbulan yang nanti akan kita usulkan kepada kementerian sebagai usulan dari pemerintah Kabupaten Mura.

BACA JUGA  Hujan Disertai Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah Warga DesaTeladas 

Dalam rangka percepatan mungkin 2 tahun ke belakang kita tidak melaksanakan DAK dari kementerian kominfo untuk khusus kementerian komunikasi dan informatika.

Kemudian yang kedua output dari kegiatan ini kami juga sudah menitipkan dokumen yang nanti akan diminalisasi setelah mendapat persetujuan.

Itu akan disampaikan juga kementerian perencanaan pembangunan sehingga kemudian ini bisa menjadi rujukan dinas ataupun juga katakanlah kementerian yang ada di pusat berkaitan dengan seluruh bidang di luar.

Perlu saya rumuskan bahwa Kegiatan ini tidak bertumpu pada aplikasi dan teknologi tetapi itu sifatnya adalah sebagai akselerator.

Tapi yang penting adalah inovasi kolaborasi itu yang kami upayakan dapat terjalin setelah dokumen ini tersusun.

Masih katanya bahwa nanti Oktober atau November, Menteri akan mengundang Bupati untuk berkunjung ke Jakarta dalam rangka berdialog tentang hasil yang sudah kita sepakati berkaitan dengan master plan ini.

Sehingga kemudian apa yang sudah kita susun apa yang sudah kita rencanakan itu bisa terimplementasi dengan baik.

Yang bertentangan dengan dokumen yang sudah dibuat jadi sepenuhnya program yang kita buat di dalam dokumen spesifik itu adalah program-program yang sudah susun d maupun juga di dalam rangka maupun juga di dalam RKPD yang sudah berjalan.

Kemudian juga indikator-indikator pembangunan kita semua bersepakat duduk bersama untuk mendorong percepatan mungkin..

“Bersama-sama berkolaborasi dengan kementerian dalam mendorong percepatan pembangunan yang sudah diinisiasi oleh Bupati sejak awal menandatangani program yang ada di dalam RPJMD Kabupaten Mura,”ucapnya.

Sementara itu, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, mengatakan program gerakan menuju kota cerdas smart city adalah salah satu program dari kementerian komunikasi dan informatika yang bekerjasama dengan kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN, Bappenas, kementerian koordinasi bidang perekonomian, kementerian keuangan, kementerian pan dan RB, kementerian pariwisata dan kantor staf presiden untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city.

BACA JUGA  Bupati Mura Ajak Guru Bekerjasama Menyiapkan Generasi Emas

Dikatakanya smart city merupakan upaya inovasi yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi persoalan dan meningkatkan kualitas hidup makhluk masyarakat, dengan melandaskan kebutuhan publik. Layanan untuk mengintegrasi teknologi informatika dan komunikasi dan berbagai perangkat internet. Dengan tujuan untuk mengoptimalkan layanan daerah serta terhubung dengan masyarakat.

Untuk itu saya berharap dengan penandatanganan komitmen bersama menuju smart city Kabupaten Mura, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimaksimalkan demi kepentingan masyarakat khususnya di kabupaten Mura. (Wan Asri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button