PALEMBANG

Harga BBM Naik, Tak Berpengaruh Pada Tarif Penyeberangan Pelabuhan TAA

MAKLUMATNEWS.com,Palembang.-Pasca kenaikan harga BBM, tidak berpengaruh dengan tarif penyebrangan di Pelabuhan Tanjung Api-Api. Artinya tidak ada kenaikan tarif penyebrangan di pelabuhan TAA.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api-api Iwan Gunawan mengatakan, tarif penyebrangan Pelabuhan Tanjung Api Api ditetapkan melalui Perda dan Pergub dengan mengacu pada Kementrian Perhubungan.

“Tarif penyeberangan Tanjung Api-Api tidak naik walaupun BBM. Kecuali ada perintah Gubernur untuk melakukan evaluasi tarif itu, maka akan dievaluasi. Namun prosesnya tidak mudah, karena harus dirapatkan di DPRD. Untuk Perdanya belum ada perubahan, jadi masih seperti lama tarifnya,” katanya saat diwawancarai via telepon, Selasa (13/9/2022).

Lebih lanjut Iwan Gunawan menerangkan, jika ada arahan Gubernur Sumsel untuk mengevaluasi tarif penyebrangan Pelabuhan TAA, maka dia akan melakukan kajian dan studi banding misalnya ke Pelabuhan Merak atau Bali.

“Setelah itu disusun Raperdanya dengan biro hukum. Itu prosesnya panjang. Dalam menyusun Perda baru ada Pergubnya. Artinya tidak mudah merubah tarif penyebrangan. Karena merubah Perda harus rapat di DPRD melalui rapat komisi, dibahas, studi banding dan diparipurnakan,” bebernya.

Sementara itu, lanjut Iwan Gunawan, untuk angkutan sungai di bawah pasar 16 itu kewenangan Dishub Kota dengan Kabid angkutan sungai dan penyebrangan laut (ASDPL) Provinsi Sumsel.

“Kalau tarif angkutan sungai itu bukan bidang saya, karea ada UPTD ASDPL dengan dinas perhubungan kota,” tandasnya. (Yanti)

BACA JUGA  Gedung Baru Kantor Camat Kemuning Habiskan Anggaran Rp 6,8 Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button